PRIMA FIRDAUSI BARIROH, 126201212122 and MOHAMMAD JA'FAR AS-SHODIQ, 199007142023211024 (2025) PENGARUH NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMPN 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (556kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dengan judul “Pengaruh Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Sikap Toleransi Peserta Didik Kelas VII Di SMPN 2 Kalidawir”. Skripsi ini ditulis oleh Prima Firdausi Bariroh, NIM. 126201212122, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prodi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh bapak Dr. Mohammad Ja’far As-Shodiq, S.Kom., M.Pd.I. Kata Kunci: Nilai-Nilai Multikultural, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Sikap Tolerani. Indonesia adalah negara yang besar dan kaya akan keberagaman, maka dalam menghadapi realitas ini dibutuhkan nilai-nilai yang mampu menjembatani perbedaan agar tercipta kehidupan yang harmonis. Nilai-nilai multikultural merujuk pada pengakuan, penghargaan, dan penerimaan terhadap keberagaman budaya dalam masyarakat, dengan tujuan menciptakan lingkungan inklusif. Nilai-nilai ini menjadi dasar dalam membangun kehidupan sosial yang harmonis di tengah keberagaman. Dalam hal ini, pendidikan memiliki peranan penting dalam menanamkan nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari integrasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah untuk membentuk sikap toleransi pada peserta didik. Dengan demikian, peserta didik tidak hanya memahami ajaran agama secara tekstual, tetapi juga dapat mengamalkannya dalam ruang lingkup sosial yang lebih luas, sehingga mereka dapat menjadi pribadi yang toleran. Tujuan penelitian skripsi ini meliputi: 1) Untuk menganalisis adakah pengaruh nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan sikap toleransi peserta didik kelas VII di SMPN 2 Kalidawir. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam mempengaruhi pembentukan sikap toleransi peserta didik kelas VII di SMPN 2 Kalidawir. Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif karena pendekatan kuantitatif dapat menghasilkan data yang akurat setelah penghitungan yang tepat. Jenis penelitian pada pendekatan kuantitatif ini yaitu menggunakan jenis penelitian ex post facto. Penelitian ex post facto meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi atau tidak diberi perlakuan oleh peneliti. Hasil dalam penelitian yaitu: 1) t_hitung sebesar 7,342 > dari t_tabel sebesar 3,054 dan dapat disimpulkan bahwa h_a= diterima dan h_0= ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan sikap toleransi pada peserta didik. 2) Sikap toleransi peserta didik dipengaruhi oleh adanya nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 40,6%. Sedangkan 59,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212122 PRIMA FIRDAUSI BARIROH |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 03:28 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 03:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |