PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

MEI LIA DWI ANJARSARI, 2814133112 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BARISAN DAN DERET KELAS XI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Mei Lia Dwi Anjarsari, NIM. 2814133112, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Abdulloh Chakim, M. Pd. Kata Kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang efektifnya proses pembelajaran Matematika di SMK PGRI 1 Tulungagung sehingga menyebabkan minat dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Matematika ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), yaitu suatu model pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar aktif dalam kelompok dan bertujuan agar siswa mempunyai jiwa kemandirian, saling menghargai, saling membantu dan memberikan dorongan dalam belajar serta menumbuhkan minat dan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap materi Barisan dan Deret di kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung?. (2) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi Barisan dan Deret di kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung?. (3) Apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terhadap materi Barisan dan Deret di kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung pada mata pelajaran Matematika materi Barisan dan Deret dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung pada mata pelajaran Matematika materi Barisan dan Deret dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). (3) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terhadap materi Barisan dan Deret di kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus I fokuskan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Sedangkan siklus II difokuskan pada perbaikan tindakan-tindakan dari siklus I, sehingga mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 1 SMK PGRI 1 Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, angket minat belajar siswa, catatan lapangan dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila 75% dari siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 75 kompetensi dengan kriteria tinggi. Dan pada minat belajar matematika siswa indikator keberhasilan dalam penelitian ini mencapai 75% dari total skor perolehan penilaian angket dengan kriteria sangat tinggi. Prosedur penelitian dimulai dengan kegiatan awal yaitu guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan pre test untuk mengukur tingkat pemahaman materi yang diajarkan. Pada kegiatan inti guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok saling membantu, memeriksa, mengoreksi, dan memberikan dorongan pada permasalahan yang diberikan guru dengan sesama anggota kelompok demi mencapai keberhasilan pada kelompok tersebut. Pada kegiatan akhir guru dan siswa menyimpulkan materi bersama-sama kemudian guru memberikan pos test untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. (1) Pada minat belajar siswa terjadi peningkatan pada akhir siklus I dari yang semula diperoleh skor rata-rata 49,79% (pra tindakan) dengan kriteria sedang, meningkat menjadi 65,61% dengan kriteria tinggi. Pada akhir siklus pertama ini juga mengalami peningkatan pada akhir siklus kedua menjadi 76,45% dengan kriteria sangat tinggi. (2) Pada hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa dari 57,88 (pre test) meningkat menjadi 70,26 (post test I). Post test siklus pertama ini meningkat pada post test siklus kedua menjadi 88,43. (3) Pada prosentase siswa yang dapat menuntaskan KKM pada siklus I juga meningkat dari yang semula 32,50% (pre test) menjadi 46,15% (post test I), kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 94,29% ( post test II). Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar Matematika siswa pada materi Barisan dan Deret di kelas XI APK 1 SMK PGRI 1 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133112 MEI LIA DWI ANJARSARI
Date Deposited: 17 Oct 2017 06:59
Last Modified: 17 Oct 2017 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6307

Actions (login required)

View Item View Item