AULIA SIFA PUTRI ANGGRAINI, 126205212097 and IRMA FAUZIAH, 199312302020122019 (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SDIT AL ASROR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (508kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (550kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung” yang ditulis oleh Aulia Sifa Putri Anggraini, NIM. 126205212097, pembimbing Irma Fauziah, M. Pd. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, Pembentukan Karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan karakter yang ditemui pada kalangan peserta didik, khususnya pada anak sekolah dasar. Kurikulum Merdeka merupakan langkah strategis dalam memperbaiki pendidikan Indonesia, dengan menekankan pada pengembangan karakter peserta didik secara integratif yang memuat nilai-nilai religius, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif, dan kebinekaan global sebagai jawaban atas permasalahan yang ada. SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung menjadi salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Hal tersebut tercermin pada sikap dan perilaku peserta didik yang memiliki nilai-nilai karakter yang kuat sebagai bentuk hasil dari pembinaan yang konsisten dan berkelanjutan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka dapat membentuk karakter religius, sosial, dan kebangsaan peserta didik SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada kepala sekolah, guru, dan peserta didik, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan Kurikulum Merdeka di SDIT Al Asror Kedungwaru Tulungagung dalam pembentukan nilai-nilai religius peserta didik yaitu guru memberikan contoh kepada anak didiknya, melakukan pembiasaan disiplin melalui sholat dan mengaji serta pendampingan orang tua agar anak selalu melakukan hal-hal yang positif di luar lingkup sekolah. 2) Pembentukan karakter sosial yaitu proyek dalam pembelajaran seperti kegiatan kerja kelompok, menyalurkan bantuan atau membagikan takjil, dan kegiatan outing class peserta didik dapat belajar bekerja sama, menghargai, menolong sesama, memiliki rasa empati, dan peduli dengan lingkungan sekitarnya. 3) Pembentukan karakter kebangsaan melalui kegiatan menyanyikan lagu nasional dan daerah lalu mengucapkan Pancasila sebagai bentuk rasa cinta tanah air serta penguatan identitas bangsa. Adapun kegiatan study tour mengujungi museum yang memiliki sejarah perjuangan bangsa. Sekolah juga mengadakan lomba kemerdekaan sebagai bentuk memperingati hari besar nasional sehingga hal ini berpengaruh pada budaya dan tradisi yang sudah ada agar tidak hilang begitu saja.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan > Pendidikan Dasar |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205212097 AULIA SIFA PUTRI ANGGRAINI |
| Date Deposited: | 13 Oct 2025 03:37 |
| Last Modified: | 13 Oct 2025 03:37 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
