PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BOOK CREATOR PADA MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA DUNIA KELAS XI SMA NEGERI 1 GONDANG

FADHILA EKA MEYLIANA, 126209211013 and HENDRA PRATAMA, 198508142023211013 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BOOK CREATOR PADA MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA DUNIA KELAS XI SMA NEGERI 1 GONDANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (439kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (483kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-modul Berbasis Book Creator pada Materi Sebaran Flora dan Fauna Dunia Kelas XI SMA Negeri 1 Gondang” ini ditulis oleh Fadhila Eka Meyliana, NIM 126209211013, dengan pembimbing Hendra Pratama, M. Pd. Kata Kunci: Pengembangan, E-modul, Book Creator, Sebaran Flora dan Fauna Dunia Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas XI SMA Negeri 1 Gondang khususnya pada jam mata pelajaran geografi. Di mana dalam proses belajar mengajar pendidik masih menggunakan buku teks siswa sebagai sumber belajar utama, padahal pihak sekolah sudah menyediakan fasilitas yang memadai apabila kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan menggunakan sumber belajar yang interaktif berbasis teknologi. Penggunaan sumber belajar berupa buku teks siswa ini bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan keterbatasan waktu dan kemampuan pendidik dalam mengembangkan sumber belajar lainnya. Oleh karena itu peneliti memiliki keinginan untuk mengembangkan sumber belajar intraktif berbasis teknologi berupa e-modul berbasis book creator sebagai inovasi baru bagi pendidik dan memberikan pengalaman baru pula bagi peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan dalam penelitian ini, ialah (1) Untuk mengetahui langkah pengembangan e-modul berbasis book creator pada materi sebaran flora dan fauna dunia kelas XI SMA Negeri 1 Gondang (2) Untuk mengetahui tingkat kevalidan e-modul berbasis book creator pada materi sebaran flora dan fauna dunia kelas XI SMA Negeri 1 Gondang (3) Untuk mengetahui keefektifitasan e-modul berbasis book creator dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi sebaran flora dan fauna dunia kelas XI SMA Negeri 1 Gondang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Borg and Gall dan telah melalui sembilan langkah, ini disesbabkan langkah kesepuluh dalam model ini tidak memungkinkan untuk dilakukan dikarenakan keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti. Data penelitian ini berupa data kulaitatif yaitu melalui observasi dan wawancara, serta data kuantitatif berupa angket dan tes. Subjek utama dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 1 Gondang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) E-modul berbasis book creator yang dikembangkan oleh peneliti menggunakan model Borg and Gall dan telah teruji kevalidannya oleh para ahli sehingga produk yang telah dikembangkan siap untuk digunakan dan diakses melalui tautan maupun mesin pencarian google (2) Hasil uji validasi ahli media 98%, validasi ahli materi 95%, validasi ahli bahasa 98%, validasi guru mata pelajaran 95%. (3) Hasil uji kefektifitasan melalui uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0.000 yang mana kurang dari 0.05. Dengan begitu, hipotesis alternatif dinyatakan diterima dan menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis book creator pada materi sebaran flora dan fauna dunia valid menurut para ahli serta efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Sehingga produk e-modul ini dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar interaktif yang bisa diterapkan oleh pendidik kapanpun dengan cara membagikan tautan ataupun mencari di mesin pencarian google, dengan begitu maka akan menambah pengalaman belajar bagi peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209211013 FADHILA EKA MEYLIANA
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:14
Last Modified: 13 Oct 2025 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63167

Actions (login required)

View Item View Item