PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

ANNESHYA RACHMADHANI EKA PUTRI NURMANSYAH, 126212212040 and CHINTIA RHAMANDICA, 1989042720171222 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (243kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran kimia di SMAN 1 Karangan masih didominasi metode ceramah satu arah, menyebabkan siswa kurang aktif dan hanya menjadi pendengar pasif. Materi kesetimbangan kimia yang abstrak sulit dipahami siswa. Selain itu, keterbatasan alat praktikum dan bahan ajar yang terbatas membuat pembelajaran kurang kontekstual dan tidak mendukung pengembangan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia, 2) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kesetimbangan kimia, 3) untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen (Pretest dan Posttest Control Group Design). Populasi penelitian adalah siswa pada kelas XI di SMAN 1 Karangan, sedangkan sampelnya yaitu kelas XI-C sebagai kelas eksperimen dan XI-D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen tes terdiri dari lima soal uraian yang mengukur kemampuan berpikir kritis dan lima soal uraian yang mengukur kemampuan berpikir kreatif telah dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas berpikir kritis sebesar 0,716 dan nilai reliabilitas berpikir kreatif sebesar 0,698 dengan kategori reliabel. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh penggunaan model berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2) terdapat pengaruh penggunaan model berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kesetimbangan kimia. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh penggunaan model berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi kesetimbangan kimia. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji manova dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212212040 ANNESHYA RACHMADHANI EKA PUTRI NURMANSYAH
Date Deposited: 15 Oct 2025 06:40
Last Modified: 15 Oct 2025 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63213

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item