IMROATUL ROFI’AH, 126207211012 and MOCHAMAD ARIF FAIZIN, 1976082005011005 (2025) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (748kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Rofi’ah, Imroatul. 2025. Manajemen Sarana dan Prasana dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Di MTsN 1 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: manajemen, sarana prasarana, kreativitas peserta didik Sarana dan prasarana merupakan material pendidikan yang sangat penting yang harus dikelola oleh lembaga, selain sebagai penunjang proses pendidikan di sekolah. Dengan adanya sarana prasarana, guru dan siswa sangat terbantu dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar utamanya untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan sarana dan prasarana yang baik agar kualitas dan kuantitas dari sarana dan prasarana pendidikan dapat dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih relatif lama. Manajemen sarana dan prasarana di lembaga pendidikan merupakan salah satu kunci untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik di bidang ketrampilan maupun pengetahuan peserta didik. Tentunya lembaga pendidikan harus mampu bergerak cepat dalam pengelolaan sarana dan prasarana untuk membantu peningkatkan kreativitas peserta didik di masa sekarang dan di masa yang akan datang. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik di MTsN 1 Tulungagung, (2) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik di MTsN 1 Tulungagung, (3) Bagaimana evaluasi sarana dan prasarana dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik di MTsN 1 Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data di lakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan dengan cara menggunakan perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini (1) Perencanaan sarana dan prasarana di MTsN 1 Tulungagung dilakukan oleh waka sarpras bersama pihak terkait, melalui inventarisasi, analisis kebutuhan, dan penyusunan skala prioritas berdasarkan ketersediaan dana, (2) Pelaksanaan mencakup tujuh fungsi manajemen: perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penggunaan, pemeliharaan, penghapusan, dan pertanggungjawaban. Proses ini mendukung pembelajaran melalui penggunaan metode dan media sesuai kebutuhan peserta didik, (3) Evaluasi yang dilakukan di MTsN 1 Tulungagung dilakukan dengan rapat dalam jangka pendek dan jangka panjang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207211012 IMROATUL ROFI'AH |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 01:57 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 01:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |