PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN-HADIST DI MTs NEGERI SE KABUPATEN TRENGGALEK

MUKLISIN, 1756144039 (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALQUR’AN-HADIST DI MTs NEGERI SE KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran AlQur’an- Hadist di MTs Negeri Se Kabupaten Trenggalek” ini ditulis oleh Muklisin NIM. 1756144039 dengan dibimbing oleh Dr. H. Munardji, M.Ag dan Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, dan AlQur’an-Hadist. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi bahwa pendekatan saintifik yang diterapkan secara baik sesuai dengan prosedur dalam proses pembelajaran diyakini mampu mengantarkan siswa menemukan pengetahuannya dan memadukan dengan pemahamannya, sehingga mampu memperoleh pengetahuan paripurna yang berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam pembelajaran, sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Selain pendekatan saintifik, motivasi belajar yang tinggi akan mampu menjadikan siswa memperoleh hasil belajar yang baik. Karena dengan motivasi belajar yang tinggi sisswa akan senantiasa berupaya untuk dapat menyelsaikan segala tugas belajarnya sehingga memperoleh hasil berlajar yang baik. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek? (2) Apakah ada pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek? (3) Apakah ada interaksi secara bersama-sama pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek? Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran dengan memahami dari sebuah kompetensi professional dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek, (2 ) pengaruh Motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek, (3) interaksi secara bersama-sama pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi dan analisis inferensial. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek sebesar 18,7%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek sebesar 17,8%. (3) Secara bersama-sama terdapat interaksi yang positif dan signifikan antara pendekatan saintifik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran AlQur’an-Hadist di MTs Negeri se Kabupaten Trenggalek sebesar 21,5%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd 1756154309 MUKLISIN
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:50
Last Modified: 19 Oct 2017 07:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6324

Actions (login required)

View Item View Item