HASNA HANIFAH NURAINI, 126204211084 and MISWANTO, 198508272011011006 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMPN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVERR.pdf Download (869kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (382kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung.” Ini ditulis oleh Hasna Hanifah Nuraini, NIM. 126204211084, dengan pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Inquiry, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar dalam mempelajari matematika. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Model pembelajaran inquiry dinilai efektif karena mendorong siswa menemukan konsep secara mandiri melalui penyelidikan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model inquiry dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, Peneliti melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung.” Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1). Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. (2). Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. (3). Mengetahui besar Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji t dan uji manova. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran di kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Dengan hasil uji independent t-tes diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,023. (2)Terdapat pengaruh model pembelajaran Guided inquiry terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Dengan hasil uji independent t-tes diperoleh nilai sig (2-tailed) = 0,005. (3). Besar pengaruh model pembelajaran Guided inquiry berbantuan aplikasi canva terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,60 dan hasil belajar sebesar 0,74 (dalam kategori sedang) pada siswa kelas VIII di SMPN 4 Tulungagung.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211084 HASNA HANIFAH NURAINI |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 03:19 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 03:19 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
