DIAGNOSIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 7A SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

DIMAS AHMAD ABD. KHAQ, 126204211018 and SYAIFUL HADI, 197711032011011007 (2025) DIAGNOSIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 7A SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (620kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dimas Ahmad Abd. Khaq. 2025. Diagnosis Kecemasan Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 7A SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Syaiful Hadi, M. Pd. Kata kunci: Kecemasan Matematis, Pembelajaran Matematika. Kecemasan matematis yaitu bagian dari kecemasan yang lebih khusus dalam bidang matematika. Menurut Ashcraft mendifinisikan kecemasan matematis merupakan perasaan tegang yang menggangu terhadap kinerja siswa dalam belajar matematika.. Pembelajaran yang tidak sesuai dengan harapan siswa menyebabkan kecemasan matematis pada siswa. Oleh kerena itu, dapat disimpulkan bahwa kecemasan matematis sangatlah mengganggu dalam proses pembelajaran, sehingga perlu tahu bentuk, penyebab, dan cara mengatasi kecemasan matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendiagnosis bentuk kecemasan matematis yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika (2) mendiagnosis penyebab kecemasan matematis yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika (3) mendiagnosis cara mengatasi kecemasan matematis yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan bersifat deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 7A SMP Muallimin Wonodadi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah angket, wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yakni angket kecemasan matematis, dan instrument wawancara tidak teratur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk kecemasan matematis yang dialami siswa kelas 7 SMP Muallimin Wonodadi saat pemebelajaran matematika yaitu kecemasan realistik (ancaman dari luar), kecemasan moral (kecemasan dari dalam diri/hati nurani), dan kecemasan neoritik (kecemasan akibat rangsangan sekitar seperti gugup, bingung, maupun kehilangan ide) (2) Penyebab terjadinya kecemasan matematis siswa ada beberapa faktor, yang pertama faktor internal meliputi rendahnya keyakinan diri terhadap kemampuan matematika, motivasi belajar yang rendah, dan rasa takut gagal atau diejek. Faktor yang kedua yakni faktor eksternal meliputi model pembelajaran guru yang monoton dan kurangnya dukungan lingkungan (sekolah, keluarga, sosial) (3) Cara mengatasi kecemasan matematis siswa kelas 7 di SMP Muallimin yaitu dengan meningkatkan keyakinan diri dan kemampuan matematika, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung, dan mengatasi model pembelajaran guru yang monoton.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211018 DIMAS AHMAD ABD. KHAQ
Date Deposited: 20 Oct 2025 06:20
Last Modified: 20 Oct 2025 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63326

Actions (login required)

View Item View Item