MUHAMMAD AZRIL RAKHMATULLOH, 126209212096 and YUDI KRISNO WICAKSONO, 199104252019031021 (2025) PERAN GURU IPS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI –NILAI PANCASILA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS Vll DI MTS NEGERI 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER..pdf Download (464kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (341kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (22kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul ―Peran Guru IPS Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di MTs Negeri 2 Jombang‖ ini ditulis oleh Muhammad Azril Rakhmatulloh, NIM. 126209212096 Pembimbing Dr. Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Guru IPS, Implementasi, Nilai-Nilai Pancasila Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih seringnya terjadi perundungan (bullying) di lingkungan sekolah akibat perbedaan warna kulit, latar belakang keluarga, dan budaya siswa. Kondisi ini menunjukkan pentingnya peran guru, khususnya guru IPS, dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup bersama yang berlandaskan pada prinsip kemanusiaan, persatuan, dan keadilan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana peran guru IPS dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Negeri 2 Jombang? (2) Bagaimana dampak implementasi nilai-nilai Pancasila terhadap siswa? (3) Apa saja tantangan dalam implementasi nilai-nilai Pancasila di sekolah tersebut? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Jombang yang merupakan madrasah dengan latar belakang siswa yang beragam dari berbagai daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS memiliki peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran kontekstual dan pendekatan karakter. Guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga menjadi teladan dalam sikap dan perilaku. Penerapan nilai-nilai Pancasila seperti toleransi, gotong royong, dan saling menghargai telah membantu mengurangi konflik dan meningkatkan harmoni antarsiswa. Salah satu upaya konkret yang dilakukan adalah membiasakan kegiatan spiritual seperti murrotal pagi dan penyampaian pesan moral setiap hari. Tantangan dalam implementasi ini antara lain berasal dari perbedaan latar belakang siswa serta keterbatasan waktu dan sumber belajar yang mendukung pendidikan karakter secara mendalam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209212096 MUHAMMAD AZRIL RAKHMATULLOH |
Date Deposited: | 20 Oct 2025 06:35 |
Last Modified: | 20 Oct 2025 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |