PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VII MTsN 9 BLITAR

DILA RATNANINGSIH, 126204213216 and WAHYU DWI WARSITASARI, 198707112019032018 (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VII MTsN 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (540kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Operasi Hitung Aljabar Kelas VII Mtsn 9 Blitar” ini ditulis oleh Dila Ratnaningsih, NIM. 126204213216, dengan pembimbing Ibu Wahyu Dwi Warsitasari M.Pd. Kata kunci: Project Based Learning, berpikir kreatif, aljabar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa di MTsN 9 Blitar, khususnya pada mata pelajaran Matematika. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa cenderung pasif dan hanya meniru langkah-langkah guru tanpa memahami konsep secara mendalam. Model Project Based Learning (PjBL) diyakini mampu mendorong keterlibatan aktif siswa serta meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui proyek-proyek nyata yang relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi operasi hitung aljabar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN 9 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Design yaitu Posstest Only Control Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berpikir kreatif dan dianalisis menggunakan uji One Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan model Project Based Learning PjBL dan yang diajar dengan model konvensional. Siswa pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang lebih tinggi. Dengan demikian, model PjBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi operasi hitung aljabar. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi pendidik dan sekolah dalam memilih strategi pembelajaran yang lebih inovatif dan berpusat pada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213216 DILA RATNANINGSIH
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:01
Last Modified: 20 Oct 2025 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63341

Actions (login required)

View Item View Item