PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG

SINDI FATIMAH SUWANDI, 126201202077 and ASROP SAFI'I, 196909182000031002 (2025) PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (783kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimya kunjungan perpustakaan yang dirasa jarang sekali peserta didik meluangkan waktunya untuk sekedar membaca atau meminjam buku di perpustakaan. . Padahal sekolah memiliki banyak koleksi buku khususnya buku pelajaran yang cukup lengkap. Hal ini dikarenakan kurangnya minat membaca secara individu dan kurangnya upaya mengoperasikan perpustakaan secara maksimal kepada peserta didik agar lebih efektif dalam proses kunjungan, peminjaman dan membaca buku serta kurang adanya peningkatan dalam nilai kognitif pada mata pelajaran akidah akhlak. Membaca merupakan bagian besar di dalam kegiatan mengajar. Dan minat membaca yang baik akan berpengaruh pada tujuan pembelajaran. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah minat membaca akidah akhlak di MTs Al Ma’arif Tulungagung?. 2). Bagaimanakah hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTs Al Ma’arif Tulungagung?. 3). Adakah pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar akidah akhlak peserta didik di MTs Al Ma’arif Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Penelitian ini ditujukan pada peserta didik kelas VII di MTs Al Ma’arif Tulungagung dengan sampel 30 dari populasi sebanyak 60. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan hasil postest peserta didik. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, Minat membaca akidah akhlak peserta didik di MTs Al Ma’arif Tulungagung berdasarkan hasil pengumpulan data melalui intrumen angket minat membaca lalu menganalisis data dengan menggunakan analisis deskriptif bahwa rata rata minat membaca akidah akhlak diperoleh 57,26 dengan persentase 43% dengan jumlah 13 dari 30 peserta didik yang tergolong kategori kurang. Kedua, Analisis hasil belajar akidah akhlakpeserta didik di MTs Al Ma’arif Tulungagung berdasarkan hasil pengumpulan data melalui tes pilihan ganda 20 soal dan data analisis menggunakan analisis deskriptif, mengggunakan SPS versi 21.0 bahwa rata rata hasil belajar akidah akhlak diperoleh 52 dengan persentase 30% dengan jumlah 9 dari 30 peserta didik yang tergolong kategori sangat kurang. Ketiga, Tidak terdapat pengaruh antara minat membaca terhadap hasil belajar akidah akhlak. Hal tersebut dapat dilihat pada taraf signifikan 0,692 > 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh minat membaca dengan hasil belajar pembelajaran akidah akhlak di MTs Al Ma’arif Tulungagung. Kedua besar pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar peserta didik adalah 0,6%. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R squeare) sebesar 0,006. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Al Ma’arif Tulungagung yakni sebesar 0,6% dan 99,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Faktor faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor dari individu meliputi motivasi, intelegensi, sikap ilmiah dan kemampuan dalam mengingat serta faktor dari luar individu yaitu meliputi, kepribadian guru yang mengajar, sikap orang tua terhadap belajar anaknya dan situasi pergaulan dengan teman temannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Pendidikan > Kurikulum
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Bahasa Dan Sastra > Reading
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Tematik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202077 SINDI FATIMAH SUWANDI
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:17
Last Modified: 20 Oct 2025 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63344

Actions (login required)

View Item View Item