SYARIFAH KARIMAH MUHDLOR, 126201212208 and KHOIRUL ANAM, 198008252006041007 (2025) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM AL KHOIRIYAH WATES SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (550kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (390kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (236kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Pendidikan agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Islam Al Khoiriyah Wates Sumbergempol” Ini di tulis oleh Syarifah Karimah Muhdlor, NIM 126201212208, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh : Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi guru PAI, Meningkatkan Prestasi belajar siswa Konteks penelitian ini dilandasi oleh pentingnya memilih strategi yang tepat dalam proses pembelajaran agar nilai-nilai yang terkandung dalam pelajaran dapat tertanam dan dapat berlangsung secara alami dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran, dibutuhkan peran dari guru Pendidikan Agama Islam. Strategi pembelajaran yang baik dapat menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam. . Oleh karena itu guru dituntut untuk menerapkan strategi pembelajaran yang tepat untuk digunakan, sehingga akan mencapai hasil yang diharapkan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam pengorganisasian meningkatakan prestasi belajar siswa di SMP Islam Al Khoiriyah Tulungagung ? 2) Bagaimana strategi guru PAI dalam menyampaikan materi meningkatakan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Khoiriyah Tulungagung ? 3) Bagaimana strategi guru PAI pengelolaan kegiatan belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Khoiriyah Tulungagung ? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam pengorganisasian meningkatakan prestasi belajar siswa di SMP Islam Al Khoiriyah Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam menyampaikan materi meningkatakan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Khoiriyah Tulungagung. 3) Untuk mendeskripsikan strategi guru PAI pengelolaan kegiatan belajar siswa mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Khoiriyah Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif, dengan jenis penelitian fenomenologi, lokasi penelitian di SMP Islam Al Khoiriyah, sumber data diperoleh melalui data primer dan sekunder, metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam Analisis data menggunakan Miles & Hubberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah 1) strategi guru PAI dalam pengorganisasian meningkatakan prestasi belajar siswa yaitu dengan merancang pembelajaran menyiapkan perangkat media pembelajaran seperti modul, pengorganisasian sistem pembelajaran dengan penataan dan pemilihan perangkat pembelajaran, dan Guru PAI menentukan tema yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, lingkungan pendidikan, lingkungan peserta didik dan orang tua wali. 2) Strategi guru PAI dalam menyampaikan materi meningkatakan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI yaitu Data yang ditemukan dari SMP Islam Al Khoiriyah lebih ke arah belajar mengajar dengan menggunakan media berbasis manusia sebagai strategi penyampaiannya. Guru juga menggunakan media cetak LKS, Hp dan Papan tulis. Guru menggunakan metode kolaboratif. Guru juga menggunakan metode kisah nyata yang merupakan salah satu pengembangan dari media berbasis manusia. 3) Strategi guru PAI pengelolaan kegiatan belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam dengan cara menjadwalan penggunaan strategi pembelajaran dengan baik, menggunakan evaluasi hasil belajar dilakukan pada akhir penyampaian materi pembelajaran dan membuatan catatan kemajuan belajar peserta didik dengan membuat evaluasi kemajuan belajar.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm Pendidikan > Prestasi Belajar Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 126201212208 SYARIFAH KARIMAH MUHDLOR |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:50 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:50 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
