GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN KERJA GURU DI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK

IMROATUL AZIZAH, 126207211011 and EVY RAMADINA, 199303052020122017 (2025) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN KERJA GURU DI SMAN 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (576kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Kerja Guru di SMAN 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Imroatul Azizah NIM. 126207211011, Pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I, M.Pd. NIP. 199303052020122017. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kedisiplinan Kerja Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa SMAN 1 Durenan memiliki tingkat kedisiplinan kerja guru yang tinggi. Kedisiplinan tersebut tercermin dari konsistensi para guru dalam melaksanakan tugas, kepatuhan terhadap peraturan, komitmen terhadap waktu, serta tanggung jawab profesional dalam proses pembelajaran. Kondisi ini tidak terlepas dari peran kepemimpinan kepala sekolah yang menerapkan berbagai gaya kepemimpinan secara variatif sesuai situasi dan kebutuhan, yakni gaya demokratis, otokratis, dan laissez-faire. Gaya kepemimpinan tersebut berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan kerja guru, yang merupakan salah satu indikator utama profesionalisme guru dan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana masing-masing gaya kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi dalam meningkatkan kedisiplinan kerja guru di SMAN 1 Durenan. Fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana gaya kepemimpinan demokratis pada kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan kerja pada guru di SMAN 1 Durenan Trenggalek?, 2) Bagaimana gaya kepemimpinan otokratis pada kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan kerja pada guru di SMAN 1 Durenan Trenggalek?, 3) Bagaimana gaya kepemimpinan laissez faire pada kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan kerja pada guru di SMAN 1 Durenan Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yakni melalui data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Gaya kepemimpinan demokratis memberikan kesempatan guru untuk berdiskusi menyalurkan aspirasi guru yang tercermin dalam pelibatan guru dalam perencanaan kurikulum serta evaluasi kerja guru sehingga mampu menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan disiplin, 2) Gaya kepemimpinan otokratis menunjukkan bahwa pengambilan keputusan yang didominasi dari pimpinan kepala sekolah yang terlihat dalam penetapan tugas, jadwal mengajar, perencanaan kurikulum dan penyelesaian tugas administratif. Dalam gaya kepemimpinan otokratis dengan kombinasi ketegasan dan penghargaan dalam pelaksanaannya maka dapat menciptakan budaya kerja yang efektif dan disiplin, 3) Gaya kepemimpinan laissez-faire memberikan kebebasan kepada guru dalam melaksanakan tugas kerja, yakni dalam mengelola pembelajaran dikelas sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dikelas, sehingga mampu menciptakan rasa tanggung jawab dan profesionalisme yang berdampak positif pada kedisiplinan kerja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kinerja Pegawai
Pendidikan
Pendidikan > Reward dan Punishment
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211011 IMROATUL AZIZAH
Date Deposited: 31 Oct 2025 01:24
Last Modified: 31 Oct 2025 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63453

Actions (login required)

View Item View Item