PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA E-BOOKLET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DI SMPN 2 KADEMANGAN

ANNISA RIZKIKA ARIFAH, 126208211008 and HUSNI CAHYADI KURNIAWAN, 198912042023211023 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA E-BOOKLET TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DI SMPN 2 KADEMANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berupa E-Booklet Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia di SMPN 2 Kademangan” ini ditulis oleh Annisa Rizkika Arifah, NIM.126208211008, dengan promotor/pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si., M.Si. Kata Kunci: E-booklet, Minat Belajar, Hasil Belajar, Ekologi, Keanekaragaman Hayati. Permasalahan rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati, menjadi latar belakang utama penelitian ini. Media pembelajaran yang digunakan di SMPN 2 Kademangan masih terbatas pada buku teks dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang bersifat monoton, didominasi oleh teks, tidak berwarna, serta minim ilustrasi visual yang mendukung pemahaman. Kondisi tersebut menyebabkan siswa kurang tertarik, mudah bosan, dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Seiring perkembangan teknologi dan digitalisasi pendidikan, diperlukan media pembelajaran yang interaktif, menarik, dan mudah diakses oleh siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa e-booklet terhadap minat belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa e-booklet terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesa. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa e-booklet terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas VII di SMPN 2 Kademangan yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan e-booklet sebagai media pembelajaran, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket untuk mengukur minat belajar dan tes objektif untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam bentuk e- booklet terhadap minat belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Hasil analisis melalui uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. (2) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam bentuk e- booklet terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Hasil analisis melalui uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. (3) Terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam bentuk e- booklet terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Hasil analisis melalui uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Oleh karena itu, e-booklet direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran dalam pembelajaran IPA di tingkat sekolah menengah pertama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208211008 ANNISA RIZKIKA ARIFAH
Date Deposited: 23 Oct 2025 04:03
Last Modified: 23 Oct 2025 04:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63465

Actions (login required)

View Item View Item