RAHMAH SARI, 126210213121 and RAHMAWATI MULYANINGTYAS, 198906122020122012 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS BERITA DI SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER.pdf Download (625kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text ABSTRAK.pdf Download (591kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (332kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (412kB) | 
| ![[img]](http://repo.uinsatu.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | 
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dalam Pembelajaran Menyimak Teks Berita di SMP Muallimin Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Rahmah Sari, NIM. 126210213121, dengan pembimbing/promotor Rahmawati Mulyaningtyas, M. Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Teks Berita Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muallimin Wonodadi Blitar masih sering memanfaatkan media konvensional, seperti papan tulis dan buku ajar, meskipun fasilitas sekolah cukup memadai. Hal tersebut terlihat pada saat analisis kebutuhan beberapa siswa terlihat tidak begitu tertarik pada materi teks berita sebab media yang digunakan oleh guru masih memanfaatkan media konfensional. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran menyimak teks berita. Dengan menyimak teks berita siswa dapat melatih dan menangkap informasi dari bunyi bahasa mengenai suatu peristiwa atau kejadian. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran menyimak teks berita di SMP Muallimin Wonodadi Blitar, (2) menjelaskan uji kelayakan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran menyimak teks berita di SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Produk pengembangan yang dihasilkan pada penelitian ini berupa media pembelajaran video animasi yang memuat materi unsur teks berita. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Tahap ini terdiri dari (1) analysis, (2) design, (3) development, dan (4) implementation. Penelitian dilakukan dengan bertahap dan sistematis agar menghasilkan produk yang berkualitas. Data dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara dan saran perbaikan dari validator maupun praktisi media. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dari hasil angket analisis kebutuhan, penilaian ahli materi, penilaian ahli media, tangapan penggunaan media oleh guru Bahasa Indonesia, dan tanggapan penggunaan media oleh siswa. Hasil validasi media oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori “sangat baik”. Hasil perolehan validasi dengan ahli media diperoleh kategori “sangat baik” dengan persentase sebesar 94,6%. Kemudian penilaian guru Bahasa Indonesia terhadap media video animasi diperoleh persentase 90% dengan kategori “sangat baik”. Dari perolehan rata-rata validasi ahli media, ahli materi, dan guru Bahasa Indonesia diperoleh Penilaian tanggapan media video animasi oleh siswa diperoleh persentase sebesar 92,8% dengan kategori “sangat baik”. Pada perolehan uji coba siswa diperoleh rata-rata sebesar 93% dan termasuk kategori “sangat baik”. Dengan demikian, media video animasi dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII pada materi teks berita.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia | 
| Depositing User: | 126210213121 RAHMAH SARI | 
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 03:48 | 
| Last Modified: | 30 Oct 2025 03:48 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63468 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        