PENERAPAN STRATEGI KLASIKAL BACA SIMAK UNTUK MEMPERTAHANKAN KONSENTRASI PESERTA DIDIK PADA PEMBIASAAN TADARUS AL QUR'AN DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO

SILMIANA NURUS SA'ADAH, 126205212173 and TIMBUL, 196110101992031002 (2025) PENERAPAN STRATEGI KLASIKAL BACA SIMAK UNTUK MEMPERTAHANKAN KONSENTRASI PESERTA DIDIK PADA PEMBIASAAN TADARUS AL QUR'AN DI MI PLUS AL ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (751kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Klasikal Baca Simak untuk Mempertahankan Konsentrasi Peserta Didik pada Pembiasaan Tadarus Al Qur’an di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo” ini ditulis oleh Silmiana Nurus Sa’adah, NIM. 126205212173, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan bimbingan Drs. H. Timbul, M.Pd. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Klasikal Baca Simak, Konsentrasi. Sebelum penggunaan strategi klasikal baca simak, kefokusan siswa mudah terpecah karena beberapa faktor, setelah penggunaan strategi klasikal baca simak konsentrasi siswa menjadi lebih terjaga. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan konsentrasi siswa yang mudah terpecah saat berlangsungnya pembelajaran. Dengan demikian, perlu adanya penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik, sehingga proses pembelajaran dapat lebih efisien dan materi yang disampaikan guru dapat diterima siswa. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menjelaskan perencanaan yang dilakukan guru dalam menerapkan strategi klasikal baca simak pada pembiasaan tadarus Al Qur'an siswa, (2) Menjelaskan pelaksanaan yang dilakukan guru dalam menerapkan strategi klasikal baca simak pada pembiasaan tadarus Al Qur'an untuk mempertahankan konsentrasi siswa, (3) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi klasikal baca simak pada pembiasaan tadarus Al Qur’an di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh merupakan hasil dari kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data dengan cara mengecek sumber data dan metode yang digunakan dalam memperoleh data. Lokasi penelitiannya berada di MI Plus Al Istighotsah Panggungrejo, Tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan guru dalam penerapan strategi klasikal baca simak untuk mempertahankan konsentrasi siswa pada pembiasaan tadarus Al Qur’an sangat mendetail mulai dari pemilihan kualitas pendidik, sarana dan prasarana yang memadai, kedisiplinan siswa sebelum pembelajaran, penggunaan buku pegangan yang sama, serta pemilihan strategi yang sesuai dengan kondisi siswa. (2) Pelaksanaan yang dilakukan guru dalam menerapkan strategi klasikal baca simak untuk mempertahankan konsentrasi pada pembiasaan tadarus Al Qur’an dapat tercapai, pelaksanaan strategi klasikal baca simak juga dapat melatih kepercayaan diri siswa, dapat meningkatkan ketrampilan membaca siswa, serta mengajarkan cara membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku. (3) Faktor pendukung dari penerapan strategi klasikal baca simak untuk mempertahankan konsentrasi pada pembiasaan tadarus Al Qur’an siswa dapat berasal dari guru yang sesuai bidang, sarana dan prasarana yang memadai, strategi yang sesuai dengan peserta didik, motivasi dan dukungan dari orang tua, serta adanya ujian munaqosah membuat siswa menjadi bersemangat untuk belajar dengan benar. Sedangkan faktor penghambat dapat terjadi karena kecenderungan peserta didik yang lebih suka bermain bersama teman daripada memperhatikan guru, rasa malu siswa yang lebih dominan, dan malasnya muroja’ah saat di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212173 SILMIANA NURUS SA'ADAH
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:59
Last Modified: 27 Oct 2025 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63493

Actions (login required)

View Item View Item