ELIS FURNAWATI, 126211211009 and HUSNI CAHYADI KURNIAWAN, 198912042023211023 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI KALOR KELAS XI SMAN 1 PANGGUL TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (403kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Materi Kalor Kelas XI SMAN 1 Panggul Trenggalek” ditulis oleh Elis Furnawati, NIM 126211211009, dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, Mind Mapping, Hasil Belajar, Kemampuan Kerjasama, Kalor Rendahnya hasil belajar yang dipicu oleh penerapan metode pembelajaran ceramah yang terpusat pada guru (teacher centered), siswa menganggap fisika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan, juga efek berkepanjangan adanya pandemi Covid’19 terhadap aspek sosial siswa khususnya dalam kemampuan kerjasama menjadi hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran fisika di SMAN 1 Panggul Trenggalek. Metode pembelajaran konvensional yang masih mendominasi menyebabkan siswa kurang aktif dan sulit bekerja dalam tim. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang menarik dengan media yang sesuai seperti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa, 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Mind Mapping terhadap kemampuan kerjasama siswa, 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar dan kemampuan kerjasama siswa secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Panggul, dengan sampel dua kelas yang diambil secara purposive, masing-masing 36 siswa. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Mind Mapping, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar ranah kognitif (C1–C4) dan angket kemampuan kerjasama. Data dianalisis menggunakan uji Man-Whitney, uji T Independent, dan uji Kruskall-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa (sig. 0,000 < 0,05), 2) Terdapat pengaruh signifikan terhadap kemampuan kerjasama siswa (sig. 0,001 < 0,05), dan 3) Terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan kemampuan kerjasama secara simultan (sig. 0,000 dan 0,001 < 0,05).
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Fisika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
| Depositing User: | 126211211009 ELIS FURNAWATI |
| Date Deposited: | 24 Oct 2025 08:23 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:23 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
