PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MASA PENDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MIN 11 BLITAR

JUMAIRAH H. LAMAHALA, 12205173186 (2023) PROBLEMATIKA GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING MASA PENDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Problematika Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Masa Pendemi Covid-19 Mata Pelajaran Matematika Kelas III MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Jumairah H. Lamahala, NIM. 12205173186, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr.H Asrop Safi’i M.Ag Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Media Dan Metode Pembelajaran Konteks dari penelitian ini adalah adanya sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa jika guru dan siswa tidak menguasai media dan metode pembelajaran daring di era covid-19, maka penyampaian materi pembelajaran tidak maksimal. Penyampaian materi pembelajaran yang tidak maksimal berdampak pada terhambatnya proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan tidak tercapai. Di MIN 11 Blitar media pembelajaran daring telah digunakan yaitu pemanfaatan media sosial dan e-learning. Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode inquiry. Media pembelajaran daring berupa pemanfaatan media sosial yaitu whatsapp, video youtube, e-learning dan zoom. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode inquiry. Media dan metode ini merupakan alat yang dapat digunakan untuk meminimalisir kesulitan belajar siswa. Oleh karena itu, untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal dan menyenangkan diperlukan cara penggunaan media dan penerapan metode pembelajaran yang efektif. Fokus penelitian ini adalah probelematika pembelajaran daring dengan pertanyaan penelitian: 1) Bagaimana problematika penggunaan media oleh guru dalam proses pembelajaran daring matematika kelas III MIN 11 Blitar 2) Bagaimana problematika penerapan metode oleh guru dalam proses pembelajaran daring matematika kelas III MIN 11 Blitar 3) Bagaimana upaya mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring selama masa pandemi covid-19 pada pembelajaran matematika kelas III MIN 11 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di MIN 11 Blitar, Kec. Kademangan Blitar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan guru mengalami kesulitan dalam penggunaan media dan penerapan metode dalam proses pembelajaran daring. Upaya mengatasi problematika pembelajaran daring adalah guru dituntut untuk melakukan inovasi yang menarik dalam penggunaan media dan metode, serta lebih perhatian terhdapap siswa yang mengalami kesulitan belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Luring
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173186 JUMAIRAH H LAMAHALA
Date Deposited: 27 Oct 2025 01:39
Last Modified: 27 Oct 2025 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63524

Actions (login required)

View Item View Item