PENGARUH MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI NAHDLATUL ULAMA TERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ASFARULGHOFILIN, 126205212112 and AGUS PURWOWIDODO, 197204172006041002 (2025) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI NAHDLATUL ULAMA TERPADU SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Interaktif Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di MI Nahdaltul MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad AsfarulGhofilin, NIM 126205212112, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci : Media Interaktif Wordwall, Hasil Belajar, Matematika Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika yang masih berpusat pada guru dengan menggunakan media pembelajaran konvensional, dimana proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga kurang adanya keterlibatan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar adalah media wordwall. Media pembelajaran wordwall adalah media bantu pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran yang berupa kuis soal dalam bab sudut mata pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah ada pengaruh media interaktif wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025 ? 2) Seberapa besar pengaruh media interaktif wordwall terhadap hasil belajar peserta didik kelas V di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2024/2025 ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh media interaktif wordwall terhadap hasil belajar peserta didik di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung. 2) Untuk menghitung seberapa besar pengaruh media interaktif wordwall terhadap hasil belajar peserta didik di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre experiment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu diadakan uji tes dan melihat hasilnya siswa saat belum dan sesudah menggunakan media interaktif wordwall. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-B MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung. Metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji sample t-test dengan bantuan SPSS Statistic Versi 25. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data yang dapat disimpulkan bahwa : 1) terdapat pengaruh, karena siswa lebih tertarik dengan pelajaran matematika karena dalam pembelajaran dengan menggunakan media interaktif wordwall guru melibatkan siswa secara langsung, dengan demikian dapat dilihat bahwa penggunaan media interaktif wordwall dalam menigkatkan hasil belajar kelas V-B MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung meningkat. 2) Terdapat besar pengaruh media interaktif wordwall terhadap hasil belajar peserta didik di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol Tulungagung. nilai t dalam perhitungan SPSS diperoleh t hitung = pretes : 57,389 dan post-test : 74,659 sedangkan nilai t tabel = 1,729. Maka t hitung (pretes) > t tabel dan t hitung (post-test) > t tabel yaitu 57,389 > 1,729 dan 74,659 > 1,729 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media Interaktif Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V-B di MI Nahdlatul Ulama Terpadu Sumbergempol. Hal ini terbukti dengan perolehan effect size cohen’d sebesar 1,65 dikategorikan pengeruh yang tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205212112 MUHAMMAD ASFARULGHOFILIN
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:03
Last Modified: 28 Oct 2025 03:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63576

Actions (login required)

View Item View Item