PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN ETIKA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR

MUHAMMAD ILYAS FAJAR RAMADHAN, 126201211049 and SUKARJI, 196410121987031014 (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN ETIKA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG PROVINSI JAWA TIMUR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (762kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Karakter Religius dan Etika Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah (MA) Al-Ma’arif Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Ilyas Fajar Ramadhan, NIM. 126201211049, Pembimbing Bapak Drs. Dr Sukarji, M.Pd.I Kata Kunci: Karakter Religius, Etika Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan karakter religius dan etika belajar merupakan dua aspek fundamental yang membentuk kepribadian serta keberhasilan akademik siswa. Dalam konteks pendidikan di Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Tulungagung, kedua aspek ini sangat relevan mengingat adanya fenomena perilaku siswa yang menunjukkan penurunan sikap religius dan etis, seperti kurangnya rasa hormat terhadap guru, kedisiplinan yang rendah, serta menurunnya motivasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui pengaruh pendidikan karakter religious terhadap prestasi belajar siswa (2) pengaruh etika belajar terhadap prestasi belajar siswa (3) seberapa besar pengaruh pendidikan karakter religious terhadap prestasi belajar (4) seberapa besar pengaruh etika belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasi dengan pengambilan data melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Sampel yang digunakan berjumlah 61 siswa dari populasi 136 yang diambil dengan menggunakan sampling stratified random sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah karakter religius dan etika belajar, sedangkan variabel dependennya adalah prestasi belajar. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana untuk mengukur pengaruh masing-masing hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial, karakter religius memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa melalui hasil uji-t 0,001 < 0,05, (2) secara parsial, etika belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan melalui uji-t 0,000 < 0,05, (3) karakter religious memberikan kontribusi sebesar 14,3% terhadap prestasi belajar, (4) sementara itu, etika belajar memberikan kontribusi sebesar 38,5%. Kedua temuan ini mengindikasikan bahwa pembentukan karakter religius dan penanaman etika belajar dapat menjadi strategi penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik secara kognitif maupun afektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa karakter religius dan etika belajar memiliki peran strategis dalam membentuk siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia. Oleh karena itu, penting bagi pihak sekolah, guru, dan orang tua untuk terus menanamkan nilai-nilai keagamaan dan moral secara berkelanjutan agar tercipta lingkungan belajar yang positif, kondusif, dan berorientasi pada pembentukan generasi yang unggul secara akademik dan etis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama > Budaya
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211049 MUHAMMAD ILYAS FAJAR RAMADHAN
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:56
Last Modified: 13 Nov 2025 03:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63586

Actions (login required)

View Item View Item