IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL 'ALAMIN TEMA KEWIRAUSAHAAN TOPIK OLAHAN BUAH PISANG DI MIN 9 BLITAR TAHUN AJARAN 2024/2025

PUTRI AMELIA NUR ILMA, 126205211054 and DIANA LUTFIANA ULFA, 199201282020122015 (2025) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN RAHMATAN LIL 'ALAMIN TEMA KEWIRAUSAHAAN TOPIK OLAHAN BUAH PISANG DI MIN 9 BLITAR TAHUN AJARAN 2024/2025. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin Tema Kewirausahaan Topik Olahan Buah Pisang di MIN 9 Blitar Tahun Ajaran 2024/2025” ini ditulis oleh Putri Amelia Nur Ilma, NIM 126205211054, dengan dosen pembimbing Diana Lutfiana Ulfa, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin, Tema Kewirausahaan Perkembangan teknologi di era Society 5.0 telah membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan dan perilaku konsumsi generasi Alpha yang tumbuh sebagai digital native. Tantangan seperti menurunnya keterampilan sosial, kecanduan digital, hingga perilaku konsumtif menjadi perhatian serius dalam pembentukan karakter. Menyikapi hal ini, MIN 9 Blitar mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin dengan tema kewirausahaan topik olahan buah pisang di kelas VI, guna membekali peserta didik dengan keterampilan kewirausahaan, menguatkan karakter kreatif, mandiri, keteladanan, dengan berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila dan ajaran Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin tema kewirausahaan topik olahan buah pisang di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2024/2025? 2) Bagaimana pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin tema kewirausahaan topik olahan buah pisang di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2024/2025? 3) Bagaimana evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin tema kewirausahaan topik olahan buah pisang di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2024/2025? 4) Bagaimana tindak lanjut Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin tema kewirausahaan topik olahan buah pisang di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2024/2025? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin tema kewirausahaan topik olahan buah pisang di MIN 9 Blitar tahun ajaran 2024/2025 menunjukkan 1) Perencanaan projek dengan membentuk tim fasilitator, mengidentifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan, menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu, mengembangkan modul projek, dan merancang strategi pelaporan projek. 2) Pelaksanaan projek meliputi pengenalan konsep kewirausahaan dan topik olahan buah pisang, kontekstualisasi dengan mengobservasi tanaman pisang dan membuat label produk, aksi pembuatan produk bolu pisang dan molen pisang mini, refleksi dan tindak lanjut melalui panen karya. 3) Evaluasi dilakukan selama projek berlangsung menggunakan tes, observasi, persentasi, rubrik, portofolio dan rapot. 4) Tindak lanjut projek melalui kerjasama dengan wali murid, satuan pendidikan lain, mitra eksternal, dan mengintegrasikan berbagai projek melalui tema yang sama dengan topik berbeda disetiap fase.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205211054 PUTRI AMELIA NUR ILMA
Date Deposited: 28 Oct 2025 08:48
Last Modified: 28 Oct 2025 08:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63588

Actions (login required)

View Item View Item