IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA JUZ 'AMMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL DI MTS MUHAMMADIYAH WATULIMO

DWI ROHMATUS SA'ADAH, 126201211014 and MUHAMMAD DWI TORIYONO, 199209202023211024 (2025) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN MEMBACA JUZ 'AMMA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL DI MTS MUHAMMADIYAH WATULIMO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pembiasaan Membaca Juz ‘Amma dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual di MTs Muhamamdiyah Watulimo” ditulis oleh Dwi Rohmatus Sa’adah, NIM 126201211014, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Pembiasaan, Kecerdasan Spiritual, Membaca Juz ‘Amma Pendidikan agama Islam di MTs Muhammadiyah Watulimo tidak hanya berfokus pada pendidikan karakter anak, tetapi juga memiliki penekanan di usaha peningkatan kecerdasan spiritual yang senantiasa dikembangkan. Individu pemilik kecerdasan spiritual akan menjadi pribadi yang bijaksana dalam menyikapi persoalan hidup. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual, salah satunya melalui pembiasaan membaca Juz ‘Amma. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana desain pembiasaan membaca Juz ‘Amma dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di MTs Muhammadiyah Watulimo? (2) Bagaimana konten pembiasaan membaca Juz ‘Amma dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di MTs Muhammadiyah Watulimo? (3) Bagaimana dampak pembiasaan membaca membaca Juz ‘Amma dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di MTs Muhammadiyah Watulimo? Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepercayaan, uji keteralihan, uji kebergantungan, dan uji kepastian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pembiasaan membaca Juz ‘Amma berjalan lancar dalam meningkatkan kecerdasan spiritual, hal tersebut dikarenakan: (1) Pembiasaan membaca Juz ‘Amma di MTs Muhamadiyah Watulimo yang dimulai sejak tahun 2010 oleh Bapak Warjito, bertujuan meningkatkan kemampuan menghafal surah pendek, kultum, dan meng imami sholat. Program ini didukung dengan penyediaan 30 Al-Qur’an dan pengeras suara di masjid Ar-Taqwa. Siswa diperkenankan untuk mengikuti lomba sambung ayat untuk mengasah kemampuan hafalan (2) Dalam pembiasaan membaca Juz ‘Amma diberikan pembelajaran tentang tajwid dan pengenalan urutan surah. Untuk mendukung materi diberikan kegiatan sholat dhuha, kultum dan kegiatan menghafal Juz ‘Amma yang dimulai pukul 07.00. Bacaan diprioritaskan dimulai dari surah An-Nas hingga surah An-Naba’ secara berulang (12 kali per semester), serta guru menyimak mengaji bagi siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an. Evaluasi yang dilakukan melalui pengamatan guru dan ujian tahfidz akhir semester. (3) Dampak spiritual meliputi: disiplin dalam melakukan ibadah, tanggung jawab menghafalkan surah dalam Juz ‘Amma, menghormati guru, serta memiliki empati antar sesama siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201211014 DWI ROHMATUS SA'ADAH
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:26
Last Modified: 30 Oct 2025 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63621

Actions (login required)

View Item View Item