STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TAYANGAN TIKTOK @HANNYSOEGIANTO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KELAS VII MTSN 3 BLITAR

ELI FITRIANA NINGSIH, 126210212068 and LILIS ANIFIAH ZULFA, 198512292023212040 (2025) STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN DALAM TAYANGAN TIKTOK @HANNYSOEGIANTO SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS PROSEDUR KELAS VII MTSN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Struktur dan Kaidah Kebahasaan dalam Tayangan TikTok @hannysoegianto sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Prosedur Kelas VII MTsN 3 Blitar” ini ditulis oleh Eli Fitriana Ningsih, NIM. 126210212068 dengan pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Struktur Teks Prosedur, Kaidah Kebahasaan, TikTok, Bahan Ajar, @hannysoegianto, MTsN 3 Blitar. Struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks prosedur merupakan unsur yang fundamental dalam prosedur. Kedua unsur tersebut adalah unsur pembangun untuk menciptakan sebuah teks prosedur yang baik dan benar. Dalam pembelajaran teks prosedur masih banyak peserta didik yang kurang menguasai dan kurang tertarik mengenai materi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Minimnya materi ajar atau bahan pembelajaran merupakan salah satu faktor kuat kurangnya pemahaman dan ketertarikan perihal materi teks prosedur di SMP kelas VII. Latar belakang belakang penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial sebagai sarana pembelajaran yang menarik dan relevan dengan kehidupan siswa. TikTok, sebagai platform video pendek yang populer, dianggap mampu meningkatkan minat belajar siswa melalui penyajian konten edukatif yang komunikatif dan kreatif. Penelitian ini mendeskripsikan struktur dan kaidah kebahasaan dalam tayangan TikTok @hannysoegianto. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai kelayakan tayangan TikTok @hannysoegianto sebagai alternatif bahan ajar teks prosedur untuk siswa kelas VII MTsN 3 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif teks. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yakni primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu berasal dari struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur dalam tayangan TikTok @hannysoegianto dan hasil wawancara. Sedangkan sumber data sekunder berupa artikel maupun karya ilmiah yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni analisis konten dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data yang ditemukan, diperoleh dari sepuluh postingan teks prosedur yang diteliti memiliki struktur yang utuh. Hasil penelitian kaidah kebahasaan terdapat sepuluh postingan teks prosedur yang diteliti ditemukan sepuluh tayangan menggunakan kalimat imperatif, sepuluh tayangan menggunakan konjungsi temporal, sepuluh tayangan menggunakan kata petunjuk waktu, sepuluh tayangan menggunakan urutan langkah kegiatan, sepuluh tayangan menggunakan keterangan cara, sepuluh tayangan menggunakan kata teknis, delapan tayangan menggunakan deskripsi alat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210212068 ELI FITRIANA NINGSIH
Date Deposited: 03 Nov 2025 08:23
Last Modified: 03 Nov 2025 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63626

Actions (login required)

View Item View Item