MUHAJIRIN SONGGE, 12201193113 (2024) KREATIVITAS GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MTSN 6 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (349kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh banyak dari para peserta didik yang kurang berminat terhadap pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hal tersebut berdasarkan keluh kesah dari para siswa terkait pembelajaran. Terlebih pelajaran SKI banyak membahas tentang sejarah, jika guru tidak menyampaikan materi pelajaran dengan semenarik mungkin, maka proses pembelajaran akan berjalan tidak kondusif dan tidak efisien. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kreativitas guru sejarah kebudayaan Islam dalam penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 6 Blitar ?. (2) Bagaimana kreativitas guru sejarah kebudayaan Islam dalam menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 6 Blitar?. (3) Bagaimana kreativitas guru sejarah kebudayaan Islam dalam mengelola kelas untuk meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 6 Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan reduksi data, penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan 1) Kreativitas guru sejarah kebudayaan Islam dalam penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 6 Blitar adalah menggunakan metode ceramah, tanya jawab, cooperative learning dan concept map. 2) Kreativitas guru sejarah kebudayaan Islam dalam penerapan media pembelajaran dengan menggunakan media video, talking stick, dan card sort.. 3) Kreativitas guru sejarah kebudayaan Islam dalam mengelola kelas pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di MTsN 6 Blitar adalah penataan lingkungan belajar, memantau perlengkapan belajar dan menata tempat duduk, cara pengajaraan guru, banyak menjalin komunikasi dan membangun keakraban dengan siswa, pengawasan perilaku, menegur dan menasehati serta memberikan hukuman, dan pemberian motivasi, menghindari hal-hal yang monoton, memberikan guyonan (candaan), memberikan hadiah, pujian, dan nilai yang baik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 12201193113 MUHAJIRIN SONGGE |
| Date Deposited: | 30 Oct 2025 06:05 |
| Last Modified: | 30 Oct 2025 06:05 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
