MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM PENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Study of Sequential Exploratory Mixed Method di SMAN 2 Kota Kediri)

PUTRI FATRYCYA NEYLY SAIDAH HASIM, 1880501230016 and AGUS ZAENUL FITRI, 198108012009121004 and KHOIRUL ANAM, 198008252006041007 (2025) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM PENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Study of Sequential Exploratory Mixed Method di SMAN 2 Kota Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (423kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Manajemen Kurikulum Merdeka dalam Peningkatkan Mutu Pembelajaran dan Prestasi Belajar Siswa (Study of Sequential Exploratory Mixed Method di SMAN 2 Kota Kediri)” ini ditulis oleh Putri Fatrycya Neyly Saidah Hasim dengan pembimbing Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dan Dr. H. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen kurikulum, kurikulum merdeka, mutu pembelajaran, prestasi belajar siswa, SMAN 2 Kota Kediri. Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh tantangan sistem pendidikan di Indonesia yang cenderung lebih menekankan pada aspek pengajaran daripada pendidikan secara holistik, yang menyebabkan mutu pembelajaran dan prestasi belajar siswa belum optimal. Kurikulum Merdeka hadir sebagai solusi untuk menciptakan pembelajaran yang fleksibel, menyenangkan, dan adaptif terhadap kebutuhan zaman. SMAN 2 Kota Kediri sebagai sekolah penggerak telah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan pendekatan mandiri berubah, menjadikannya lokasi strategis untuk meneliti efektivitas manajemen kurikulum tersebut terhadap peningkatan mutu pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan, mengeksplorasi, merumuskan, dan menguji (1) perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi Kurikulum Merdeka dalam peningkatan mutu pembelajaran, (2) pengaruh manajemen Kurikulum Merdeka terhadap mutu pembelajaran, (3) pengaruh manajemen Kurikulum Merdeka terhadap prestasi belajar siswa, serta (4) pengaruh manajemen Kurikulum Merdeka terhadap prestasi belajar siswa melalui mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Sequential Exploratory Mixed Method, yang diawali dengan eksplorasi kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dilanjutkan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan angket dan analisis inferensial untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Kota Kediri, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, berjalan efektif dan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Mutu pembelajaran yang meningkat tersebut terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Strategi seperti pembelajaran berdiferensiasi, asesmen formatif, serta penguatan karakter berbasis Profil Pelajar Pancasila menjadi faktor kunci dalam keberhasilan implementasi kurikulum ini. Temuan ini menegaskan bahwa manajemen kurikulum yang adaptif dan terintegrasi secara menyeluruh merupakan fondasi penting dalam peningkatkan mutu pembelajaran dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501230016 PUTRI FATRYCYA NEYLY SAIDAH HASIM
Date Deposited: 03 Nov 2025 06:02
Last Modified: 03 Nov 2025 06:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63658

Actions (login required)

View Item View Item