VISUALISASI AMSAL PADA METODE PENGAJARAN

DWI PUTRA SYAHRUL MUHAROM, 175315004 (2017) VISUALISASI AMSAL PADA METODE PENGAJARAN. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Visualisasi Amsal pada Metode Pengajaran” ini ditulis oleh Dwi Putra Syahrul Muharom dengan pembimbing Dr. Ahmad Zainal Abidin, MA. dan Dr. Salamah Noorhidayati, M.Ag. Kata Kunci: Visualisasi, Amsal, Metode Pengajaran. Penelitian tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya upaya penulis untuk mengintegrasikan kajian amsal dengan metode pengajaran. Para pakar mengatakan bahwa pengajaran yang baik adalah pengajaran qur’ani. Oleh karena itu, penulis mencoba menggali bagaimana visualisasi ayat-ayat amsal dalam al-Qur'an sehingga maksud dari ayat-ayat amsal ini menjadi mudah untuk dipahami. Hingga pada tahap akhir akan dicari bagaimana aplikasi visualisasi amsal pada metode pengajaran. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana pandangan mufasir tentang ayat-ayat amsal? (2) Bagaimana bentuk visualisasi ayat-ayat amsal dalam al-Qur’an? (3) Bagaimana aplikasi visualisasi ayat-ayat amsal pada metode pengajaran? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Untuk mencapai kesimpulan, pendekatan yang dipakai penulis adalah pendekatan multidisipliner dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Analisa yang dilakukan penulis meliputi menelaah data, mendeskripsikan, dan menyusun data secara sistematis. Sehingga cara penyajian datanya dengan metode berpikir induktif. Dari penelitian ini, penulis menyimpulkan : (1) Para mufasir memandang dalam ayat-ayat amsal Makkiyyah maupun Madaniyyah bertujuan mempersamakan antara suatu hal abstrak dengan hal lain yang konkret. Selain itu, mereka juga memandang bahwa perumpamaan memiliki fungsi untuk menggambarkan sesuatu keadaan, sifat atau kisah yang menakjubkan. (2) Visualisasi ayat-ayat amsal dalam al-Qur'an berbentuk perumpamaan yang abstrak dan diumpamakan ke bentuk yang lebih konkret. Hal ini bertujuan mempermudah pemahaman dalam melihat ilustrasi yang diterangkan al-Qur'an sehingga pada akhirnya bisa disimpulkan maksud perumpamaan al-Qur'an tersebut. (3) Visualisasi ayat-ayat amsal pada metode pengajaran dapat diaplikasikan dengan metode ceramah yang disertai visualisasi. Penyertaan visualisasi sebagai media pengganti dari media visual. Visualisasi ini merupakan upaya mengilustrasikan hal yang abstrak ke hal yang konkret. Tujuannya agar otak kanan lebih lama mengingat, karena otak kanan mempunyai daya ingatan jangka panjang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: Syahrul 175315004 Dwi Putra Syahrul Muharom
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:20
Last Modified: 01 Nov 2017 02:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item