MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 7 TULUNGAGUNG

REVA IZZAT MU'AZAM, 12207193130 and HAFIDZ ROSYIDIANA, 198904292020121008 (2025) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (817kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di MTsN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Reva Izzat Mu’azam, NIM. 12207193130, dengan Pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar, Pendidikan, Literasi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangkan potensi diri peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan, pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan yang efektif dan efisien menjadi faktor pendukung yang krusial. Ketersediaan fasilitas dan infrastruktur yang memadai sangat menunjang kelancaran proses pembelajaran, yang pada akhirnya berkontribusi pada pencapaian prestasi belajar yang optimal bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih keilmuan tentang (1) perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 7 Tulungagung. (2) pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MTsN 7 Tulungagung. (3) hambatan-hambatan dalam manajemen sarana dan prasarana yang berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik di MTsN 7 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi studi di MTsN 7 Tulungagung. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci dalam pengumpulan data. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder yang di peroleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas penelitian ini dapat di pertanggung jawabkan melalui pengecekan keabsahan data dengan triangulasi dan peer reviewing (diskus teman sejawat) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan sarana dan prasarana di MTsN 7 Tulungagung telah dilaksanakan dengan baik, meliputi analisis kebutuhan, penyesuaian dengan anggaran, dan penentuan skala prioritas. (2)Pelaksanaan sarana dan prasarana meliputi pengadaan fasilitas berdasarkan prioritas, pemanfaatan sarana yang efisien, inventarisasi, pemeliharaan berkala, pengawasan secara intens dan penghapusan yang terstruktur. (3) Namun, ditemukan beberapa hambatan dalam pengelolaan sarana dan prasarana, di antaranya regulasi pemerintah yang rumit, keterbatasan anggaran yang di peroleh dalam sarana dan prasarana baik dari pemerintah maupun paguyuban, ketersediaan penjabat pengadaan barang dan jasa yang tidak merata serta efikasi diri tenaga pendidik dalam pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193130 REVA IZZAT MU'AZAM
Date Deposited: 03 Nov 2025 07:56
Last Modified: 03 Nov 2025 07:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63684

Actions (login required)

View Item View Item