LUTFI SALSA NUR ANGGRAINI, 12201193129 (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHOLAT BERJAMA’AH SISWA DI MTsN 10 BLITAR. [ Skripsi ]
| 
              
Text
 COVER.pdf Download (777kB)  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf Download (260kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR ISI.pdf Download (246kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB I.pdf Download (393kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (556kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB)  | 
          |
| 
              
Text
 BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB)  | 
          |
| 
              
Text
 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB)  | 
          
Abstract
Anggraini, Lutfi Salsa Nur. NIM 12201193129. 2023. Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Berjama’ah Siswa Di MTSN 10 Blitar Skripsi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah. Prof. Dr. H. Abd. Aziz, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Upaya, Kedisiplinan, Sholat Berjama’ah Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan formal pada umumnya karena bagi siswa guru sering dijadikan teladan, pada saat ini pendidikan di tuntut dapat memainkan perannya sebagai basis dan benteng tanggung yang akan menjadi dan memperkukuh etika dan moral bangsa dan guru. Sehingga dalam memberikan nilai-nilai agama di lingkungan sekolah maka seorang guru agama di sekolah bisa memberikan pelajaran dan menerapkan kegiatan yang baik untuk dilaksanakan oleh siswa salah satunya yaitu sholat berjamaah, kegiatan sholat berjama’ah di MTsN 10 Blitar ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan tata tertib sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan para siswa. Sehingga semua murid, guru dan karyawan staf lain secara sadar dan tanggung jawab dapat melaksanakan kegiatan sholat berjamaah dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui cara guru pendidikan agama islam memberikan contoh kedisiplinan sholat berjama’ah siswa di MTsN 10 Blitar, (2) Mengetahui cara guru pendidikan agama islam menyerukan ajakan sholat berjama’ah siswa di MTsN 10 Blitar, (3) Mengetahui cara guru pendidikan agama islam melakukan pembiasaan sholat berjama’ah siswa di MTsN 10 Blitar Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui penyebaran observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa pada saat melaksanakan kegiatan sholat berjamaah. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam mengenai upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan sholat berjamaah siswa MTsN 10 Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil wawancara kepada guru diperoleh hasil yaitu (1) Guru pendidikan agama islam memberikan contoh kedisiplinan sholat berjama’ah siswa di MTsN 10 Blitar dengan menunjukkan serta mencontohkan secara langsung sebagai bentuk penghormatan terhadap aturan dan tata cara ibadah, yang meliputi sikap tanggung jawab, serta kebersihan dan kerapian diri. Sehingga dengan menjaga kedisiplinan dalam sholat berjamaah, siswa dan guru dapat memperoleh manfaat spiritual, sosial, dan pribadi yang besar. (2) Guru pendidikan agama Islam menyerukan ajakan sholat berjama’ah siswa di MTsN 10 Blitar dengan memperkuat hubungan sosial dan persaudaraan di antara siswa. Oleh karena itu, sebagai siswa penting bagi kita untuk merespons ajakan guru dan melaksanakan sholat berjamaah dengan penuh keikhlasan dan kebersamaan. (3) Guru pendidikan agama islam melakukan pembiasaan sholat berjama’ah siswa di MTsN 10 Blitar yang dilaksanakan ketika waktu sholat dluha dan dhuhur untuk memperkuat hubungan spiritual siswa dengan Allah, membangun hubungan sosial yang baik, membentuk karakter yang baik, dan meningkatkan kinerja akademik mereka. Sehingga siswa akan merasakan manfaat jangka panjang dari pembiasaan sholat berjamaah dalam kehidupan mereka.
| Item Type: | Skripsi | 
|---|---|
| Subjects: | Agama | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | 12201193129 LUTFI SALSA NUR ANGGRAINI | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 08:42 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 08:42 | 
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63694 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
        