KHAMID REZA HASHEFI, 126212211012 and IVAN ASHIF ARDHANA, 199212082019031011 (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN THERMONUKE BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MATERI TERMOKIMIA. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (983kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (431kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (509kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (751kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (25MB) |
Abstract
Salah satu tantangan siswa dalam memahami konsep materi kimia, terutama konsep yang bersifat abstrak seperti termokimia. Termokimia merupakan salah satu materi kimia yang mempelajari tentang energi yang menyertai perubahan fisika atau reaksi kimia, sehingga terdapat banyak konsep abstrak yang harus dipahami oleh siswa sehingga menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep. Penggunaan teknologi, seperti multimedia pembelajaran, dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa. Aplikasi pembelajaran berbasis discovery learning Thermonuke, dirancang untuk mengajak siswa aktif dalam proses belajar dan memecahkan masalah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Problem Solving dan minat siswa terhadap materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan multimedia pembelajaran Thermonuke berbasis discovery learning untuk melatihkan problem solving materi termokimia; (2) menganalisis kelayakan multimedia dari aspek materi, desain, dan kegunaan; serta (3) mengukur respons siswa terhadap daya tarik multimedia dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah pada materi termokimia. Metode penelitian pengembangan digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dikembangkan dengan model pengembangan 4D yang disesuaikan menjadi 3D dengan tahapan Define, Design, dan Develop. Teknik pengambilan data menggunakan metode uji validasi oleh ahli untuk menguji kelayakan produk, wawancara untuk mengetahui kebutuhan akan pengembangan produk, dan angket respon untuk mengetahui bagaimana respon pengguna terhadap produk. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis deskriptif kualitatif untuk mengolah data hasil wawancara dan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengolah data hasil uji validasi dan angket respon terhadap produk. Penelitian ini menghasilkan: (1) media pembelajaran berupa multimedia pembelajaran Thermonuke berbasis discovery learning dengan Problem Solving yang terintegrasi dalam soal latihan dengan model pengembangan 3D; (2) Produk pengembangan mendapatkan hasil uji validasi mendapatkan presentase 80% dengan kategori baik untuk aspek media dan mendapatkan presentase 76% untuk aspek materi dengan kategori baik; dan (3) Hasil uji respon siswa mendapatkan presentase rata-rata 75% dengan kategori baik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Kimia |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
| Depositing User: | 126212211012 KHAMID REZA HASHEFI |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 06:42 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 06:42 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
