MOHAMAD HARUN RIFAI, 126209212070 and DITA HENDRIANI, 197912202014032001 (2025) IMPLEMENTASI PENGGUNAAN SMART TV PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP ULIL ALBAB MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Penggunaan Smart TV Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII SMP Ulil Albab Mojo Kediri” ini ditulis oleh Mohamad Harun Rifai (126209212070) jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Dita Hendriani, M.A Kata kunci: Smart TV, Pembelajaran IPS, SMP Ulil Albab Mojo Kediri Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan Smart TV, mengidentifikasi dampak positif dan negatif, serta mengungkap hambatan dalam pemanfaatan Smart TV pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Ulil Albab Mojo Kediri . Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan triangulasi data melalui analisis dokumen, observasi partisipatif, dan wawancara mendalam kepada guru, siswa, serta tenaga kependidikan . Teknik purposive sampling memastikan informan yang dipilih memiliki pengetahuan mendalam tentang penggunaan media elektronik. Data kemudian dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola-pola utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Smart TV secara signifikan meningkatkan partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa, karena penyajian materi secara visual-auditori ganda memudahkan pemahaman konsep abstrak . Guru menjadi fasilitator interaktif yang memandu eksplorasi konten digital secara langsung di kelas. Selain dampak positif tersebut, ditemukan kendala seperti koneksi internet tidak stabil dan daya listrik yang masih kurang. Kesimpulannya, implementasi Smart TV di SMP Ulil Albab Mojo Kediri terbukti efektif, interaktif, dan fleksibel dalam mendukung proses pembelajaran IPS. Untuk memaksimalkan manfaatnya, disarankan peningkatan kualitas infrastruktur jaringan dan panduan ergonomi penggunaan perangkat. Temuan ini dapat menjadi rujukan bagi sekolah lain dalam merancang strategi pembelajaran berbasis teknologi. Dengan demikian, Smart TV terbukti efektif, interaktif, dan fleksibel yang sesuai dengan teori Richard E. Mayer.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
| Depositing User: | 126209212070 MOHAMAD HARUN RIFAI |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 02:50 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:50 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
