PENERAPAN STRATEGI PERSONAL SELLING PADA PRODUK TABUNGAN ZAM-ZAM UNTUK KALANGAN GENERASI Z (GEN Z) DI BANK PANIN DUBAI SYARIAH TULUNGAGUNG

FRISKA DWI IRIANTI, 126401213144 and DONI FITRIYANTO, 198706042022031001 (2025) PENERAPAN STRATEGI PERSONAL SELLING PADA PRODUK TABUNGAN ZAM-ZAM UNTUK KALANGAN GENERASI Z (GEN Z) DI BANK PANIN DUBAI SYARIAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (506kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Personal Selling Pada Produk Tabungan Zam-Zam Untuk Kalangan Generasi Z Di Bank Panin Dubai Syariah Tulungagung” yang ditulis oleh Friska Dwi Irianti, NIM.126401213144 jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Doni Fitriyanto, M.E Kata Kunci: Strategi Personal Selling, Tabungan Zam-Zam, Generasi Z, Bank Syariah, Pemasaran Jasa Keuangan. Negara Indonesia merupakan negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam atau muslim, sehingga kegiatan ibadah haji merupakan satu hal yang wajib dilakukan oleh umat muslim sebagai rukun islam yang ke-5 dan tentunya dilakukan oleh mereka yang siap secara fisik, mental, dan juga materi. Pada saat ini minat masyarakat untuk bisa menunaikan ibadah haji selalu mengalamai kenaikan yang signifikan setiap tahunnya. Hal inilah yang mengakibatkan waktu tunggu yang semakin lama, sehingga pada waktu keberangkatan para jamaah sudah memasuki usia lansia dan juga fisik yang sudah semakin lemah. Dengan adanya tabungan zam-zam ini diharapkan bisa mengurangi berbagai risiko yang terjadi pada masa keberangkatan, seperti kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi proses pelaksanaan iadah haji. Permasalahan yang difokuskan oleh peneliti terdapat 2 pertanyaan : (1) Bagaimana penerapan strategi personal selling pada produk tabungan zam-zam untuk kalangan gen Z di Bank Panin Dubai Syariah Tulungagung?, (2) Apa faktor yang menghambat penerapan strategi personal selling dalam menarik minat nasabah melalui produk tabungan zam-zam?. Adapaun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahu bagaimana penerapan strategi personal selling pada produk tabungan zam-zam untuk kalangan gen Z di Bank Panin Dubai Syariah Tulungagung. (2) Untuk mengetahui menghambat penerapan strategi personal selling dalam menarik minat nasabah melalui produk tabungan zam-zam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui proses wawancara dan observasi. Dalam proses menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi personal selling yang diterapkan mencakup serangkaian tahapan seprti pendekatan awal, presentasi produk, penanganan keberatan, dan penutupan transaksi yang dirancang sesuai dengan karakteristik psikografis Gen Z. strategi ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan ketertarikan calon nasabah terhadap produk Tabungan Zam-Zam, yang difokuskan pada perencanaan keuangan untuk ibadah haji sejak usia muda. Namun pelaksanaan strategi ini masih menghadapi sejumlah kendala, antara lain keterbatasan sumber daya manusia di bidang pemasaran, kurang optimalnya branding institusi, serta rendahnya literasi keuangan syariah di kalangan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401213144 FRISKA DWI IRIANTI
Date Deposited: 06 Nov 2025 01:53
Last Modified: 06 Nov 2025 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63790

Actions (login required)

View Item View Item