INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM MEMBENTUK MORAL PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari dan Madrasah Aliyah Roudlotul Ulum Kabupaten Jombang

MOHAMMAD DZULKIFLI ANUGRAH, 1880506230015 and NGAINUN NAIM, 197507192003121002 and LUK-LUK NUR MUFIDAH, 197903192003122002 (2025) INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM MEMBENTUK MORAL PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari dan Madrasah Aliyah Roudlotul Ulum Kabupaten Jombang. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (816kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai religius dalam sebuah lembaga pendidikan agar peserta didik bisa menjiwai, mempraktikkan, dan menaati nilai-nilai religius pada kegiatan sehari-hari baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Adapun nilai religius yang dimaksud terdiri dari nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Internalisasi nilai-nilai religius dapat dipraktikkan oleh guru dan dilaksanakan secara rutin serta terstruktur sampai peserta didik benar-benar bisa menjiwai dengan baik. Maka diharapkan peserta didik menjadi generasi yang bisa meneruskan ciri bangsa yang bermoral. Bermoral bukan hanya terhadap dirinya sendiri, tetapi terhadap orang tua, guru dan orang-orang di sekitar. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang: (1) Proses internalisasi nilai-nilai religius dalam membentuk moral peserta didik; (2) Strategi internalisasi nilai-nilai religius dalam membentuk moral peserta didik; dan (3) Hambatan dan tantangan internalisasi nilai-nilai religius dalam membentuk moral peserta didik di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari dan Madrasah Aliyah Roudlotul Ulum Kabupaten Jombang. Metode penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik keterpercayaan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode, kemudian teknik keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat tiga tahap internalisasi nilai-nilai religius di Madrasah Aliyah Roudlotul Ulum yaitu: tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai. Sedangkan proses internalisasi nilai-nilai religius di Madrasah Aliyah Hasyim Asy’ari melalui lima tahap yaitu: tahap pemberian pengetahuan dan pemahaman, tahap pembiasaan, tahap transinternalisasi nilai, tahap kebutuhan, dan tahap evaluasi. (2) Strategi internalisasi nilai-nilai religius melalui pembiasaan keagamaan, pembelajaran, pembelajaran kasus etika berbasis agama, keteladanan guru, kegiatan tahunan, pemberian reward and punishment, tata tertib madrasah, persuasif (ajakan), dan penciptaan suasana religius di madrasah. (3) Faktor penghambat internalisasi nilai-nilai religius yaitu: pemahaman peserta didik tentang ilmu agama, latar belakang keluarga, lingkungan, dan media informasi.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506230015 MOHAMMAD DZULKIFLI ANUGRAH
Date Deposited: 06 Nov 2025 06:49
Last Modified: 06 Nov 2025 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63819

Actions (login required)

View Item View Item