PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO KEDIRI

FANI MUTIA AKHSAN, 126208213100 and HUSNI CAHYADI KURNIAWAN, 198912042023211023 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INFOGRAFIS BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS VII MTs SUNAN KALIJOGO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (394kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (626kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Infografis Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekologi Dan Keanekaragaman Hayati Kelas VII MTs Sunan Kalijogo Kediri” ini ditulis oleh mahasiswa Fani Mutia Akhsan, NIM.126208213100, Program Studi Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Bapak Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si.,M.Si. Kata Kunci: Media Infografis (Power Point Interaktif), Motivasi belajar, dan Hasil belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang sering dijumpai dalam lembaga pendidikan mengenai kesulitan belajar peserta didik dalam memahami konsep atau materi ekologi dan keanekaragaman hayati yang diajarkan, serta proses pembelajaran dikelas cenderung membosankan. Hal ini juga diperparah dengan kondisi atau aktivitas peserta didik yang mayoritas tinggal di lingkungan pondok pesantren. Dengan padatnya aktivitas harian di pondok, membuat siswa cepat merasa lelah, sehingga sulit berkonsentrasi saat belajar di kelas formal. Situasi ini mengakibatkan terganggunya proses pembelajaran yang masih menggunakan media pembelajaran konvensional, dengan berjalan searah, berpusat pada ceramah guru dan kurang melibatkan siswa dalam belajar. Hal tersebut akan berdampak pada rendahnya motivasi peserta didik dalam belajar sehingga akan mempengaruhi keaktifan dan hasil belajarnya. Peran pendidik pada era digital atau era revolusi industri 4.0 ini diharapkan mampu mengembangkaan ketermpilan dalam menerapkan media pembelajaran yang berbasis teknologi yang bertujuan sebagai alat bantu dalam pembelajaran dengan penguasaan keterampilan baru, menciptakan sesuatu dalam pengaplikasian media pembelajaran, dan menghilangkan kebiasaan pembelajaran tradisional. Sehingga media pembelajaran yang menarik mampu menjadi stimulus bagi siswa dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar menjadi lebh optimal dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian dalam skripsi adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis berbasis aplikasi canva terhadap motivasi belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII Di MTs Sunan Kalijogo Kediri. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran infografis berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII Di MTs Sunan Kalijogo Kediri. 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran infografis berbasis aplikasi canva terhadap motivasi hasil belajar dan siswa pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati kelas VII Di MTs Sunan Kalijogo Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen semu atau Quasi Experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Sunan Kalijogo Kediri sebanyak 375 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah: 1) angket, 2) tes, 3) dokumentasi. Sebelumnya instrument penelitian digunakan dilakukan uji validasi intrument kepada para ahli. Angket digunakan untuk memperoleh data minat belajar peserta didik. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh dokumentasi kegiatan di kelas VII sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan ada tiga uji yaitu: 1) uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji pra penelitian 3) uji prasyarat dan 4) uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media infograsis berbasis aplikasi canva terhadap motivasi belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent Sample t-tests yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,022. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,022 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh penggunaan media infograsis berbasis aplikasi canva dengan motivasi belajar. 2) Ada pengaruh signifikan penggunaan media infograsis berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji independent sample t-test menggunakan nilai N-Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh penggunaan media infograsis berbasis aplikasi canva dengan hasil belajar. 3) Ada pengaruh penggunaan media infograsif berbasis aplikasi canva terhadap motivasi dan hasil belajar. Hal ini berdasarkan hasil uji MANOVA menggunakan hasil angket dan nilai N-Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga penggunaan media infograsis berbasis aplikasi canva berpengaruh pada motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208213100 FANI MUTIA AKHSAN
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:40
Last Modified: 13 Nov 2025 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63858

Actions (login required)

View Item View Item