FATHUR ROCHIM, 1751154012 (2017) MANAJEMEN BUDAYA AKADEMIK DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI SISWA (Studi Multisitus di MAN 2 dan MAN 3 Kota Kediri). [ Thesis ]
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (445kB) |
||
Text
Daftar Isi.pdf Download (222kB) |
||
Text
BAB 1.pdf Download (238kB) |
||
|
Text
BAB 2.pdf Download (651kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 6.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (303kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK FATHUR ROCHIM, Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag (II) Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I.: Manajemen budaya akademik dalam membentuk kompetensi siswa di Madrasah Aliyah Negeri 3 dan 2 Kota Kediri. Program Studi Megister Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Tulungagung, 2017. Kata kunci : Manajemen, budaya akademik, kompetensi siswa Pendidikan merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas manusia. Salah satu unsur yang menjadi pendidikan lebih bermutu, menjamin input-proses-output dan outcome berjalan dengan baik sehingga dibutuhkan manajemen budaya akademik yang baik pula agar memberikan kebiasaan-kebiasaan positif bagi siswa , salah satu contohnya yakni prestasi dalam budaya akademik maupun non akademik oleh karena itu peneliti melakukan tentang manajemen budaya akademik dalam membentuk kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan : (1) Proses manajemen budaya akademik dalam meningkatkan kompetensi di Madrasah Aliyah Negeri 3 dan 2 Kota Kediri yang mencakup input-proses-output dan outcome. (2) Pengelolaan penyelenggaraan pendidikan manajemen budaya akademik dalam membentuk kompetensi siswa di MAN 3 dan 2 Kota Kediri. (3) Perkembangan ilmu terhadap manajemen budaya akademik dalam membentuk kompetensi siswa di MAN 3 dan 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Lokasi penelitian ini adalah di MAN 3 dan 2 Kota Kediri. Alasan peneliti memilih madrasah ini dikarenakan manajemen budaya akademik yang ada di madrasah ini tergolong baik dan juga termasuk madrasah unggul di Kota Kediri dalam bidang akademiknya oleh karena itu peneliti memilih kedua lembaga tersebut untuk dijadikan objek penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang mana sumber datanya dari orang (people), dokumen (paper) dan tempat (place). Sedangkan untuk memperoleh data didapat dari informan dalam berbagai bentuk seperti catatan tertulis, wawancara, observasi dan foto. Informan kunci dalam penelitian ini terdiri atas : Kepala MAN 3 dan 2 Kota Kediri, Waka Kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, manajemen budaya akademik yang ada di MAN 3 Kota Kediri sebagaimana tertuang dalam visi madrasah yakni “unggul” dan juga MAN 2 Kota Kediri yang “Cantik” yang mana kedua lembaga sama-sama membentuk kompetensi siswa yang baik. manajemen budaya akademik dalam membentuk kompetensi yang ada di MAN 3 dan 2 Kota Kediri dibagi menjadi sub bagian yang mencakup (a) manajemen terhadap budaya akademik guru; meliputi melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, kebiasaan membaca, kebiasaan melakukan penelitian ilmiah, mengikuti pelatihan, berdiskusi, dan menulis artikel dan (b) manajemen terhadap budaya akademik oleh siswa; meliputi poses dari input-proses-output dan outcome siswa, serta kebiasaan membaca, kebiasaan diskusi, kebiasaan mengikuti pengembangan diri, kebiasaan melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Selain aspek budaya akademik di atas, budaya akademik di MAN 3 dan 2 Kota Kediri mengacu akan keberadaan nilai-nilai kedisiplinan akademik, penghargaan bagi warga madrasah yang berprestasi, dan nilai motivasi akademik Faktor pendukung dalam pelaksanaan manajemen budaya akademik dalam membentuk kompetensi siswa di MAN 3 dan 2 Kota Kediri adalah pengelolaan penyelenggaraan yang baik seperti fasilitas yang lengkap, input-proses-output dan outcome yang baik, fasilitasi seluas-luasnya bagi guru dan siswa dalam mengembangkan kreatifitas, alumni yang berkualitas yang mana dari pengelolaan penyelenggaraan pendidikan ini dapat memberikan perkembangan yang signifikan bagi madrasah sehingga kedua lembaga dapat memberikan prestasi dan mencetak siswa-siswi yang berguna bagi bangsa ini. Dan juga faktor lainya yakni perkembangan manajemen budaya akademik dalam membentuk kompetensi siswa itu sendiri yang mana ada yang bersifat internal dan bersifat eksternal. Sehingga siswa selalu melakukan perkembangan terhadap lembaganya sendiri atau baik untuk lembaga lainnya yakni dengan cara mempersiapkan SDM yang baik dalam perkembanagn ilmu sehingga dapat memberikan sumbangsih kepada lembaga dan negara terutama bagi MAN 3 dan 2 Kota Kediri. Semua itu adalah hasil dari manajemen budaya akdemik dalam membentuk kompetensi siswa di MAN 3 dan 2 Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Kebudayaan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | M.Pd 1751154012 FATHUR ROCHIM |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 01:17 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 01:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6386 |
Actions (login required)
View Item |