HAPPY NOVASILA MAHARANI, 1880508230046 and AGUS EKO SUJIANTO, 197108072005011003 and BINTI NUR ASIYAH, 198008112011012007 (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, TINGKAT MARGIN TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PRODUK MURABAHAH DENGAN KEPUASAN ANGGOTA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI BMT DI TULUNGAGUNG). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (800kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (203kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Tingkat margin Terhadap Loyalitas Anggota Produk Murabahah Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada BMT di Wilayah Tulungagung)” ini ditulis oleh Happy Novasila Maharani, Magister Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dibimbing oleh Prof. Agus Eko Sujianto, M.E dan Dr. Binti Nur Asiyah, M.E Kata Kunci: Loyalitas Anggota, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Tingkat Margin, Kepuasan Anggota, BMT Penelitian ini dilatarbelakangi oleh loyalitas anggota dan tren lembaga keuangan syariah BMT yang digemari oleh masyarakat serta perkembangan yang naik turun karena beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah loyalitas Anggota. Loyalitas Anggota produk Murabahah pada BMT sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan tingkat margin . Kualitas pelayanan yang optimal dapat meningkatkan kepuasan Anggota, sementara kualitas produk bagus dan tingkat margin yang sesuai dengan kebutuhan Anggota dapat memperkuat hubungan jangka panjang. Namun, kepuasan Anggota menjadi faktor penting yang memediasi hubungan antara ketiga faktor tersebut dengan loyalitas Anggota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan tingkat margin terhadap loyalitas Anggota dengan kepuasan Anggota sebagai variabel intervening, guna memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan strategi bagi BMT untuk meningkatkan kinerja dan loyalitas Anggota dalam produk Murabahah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 375 Anggota BMT di wilayah Tulungagung. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel-variabel path analisisi yang terlibat dalam penelitian ini, pengolahan data dengan PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas Anggota produk Murabahah di BMT. Selain itu, kualitas produk yang bagus dan berkualitas terbukti mempengaruhi kepuasan dan loyalitas Anggota, menegaskan pentingnya produk yang diperjual belikan dan sesuai harapan. Sementara itu, tingkat margin memiliki pengaruh yang lebih kompleks, di mana pengaturan tingkat margin yang tepat dapat meningkatkan loyalitas Anggota melalui pengaruh positif terhadap kepuasan Anggota. Secara keseluruhan, kepuasan Anggota terbukti menjadi faktor penting yang memediasi hubungan antara kualitas pelayanan, kualitas produk, tingkat margin, dan loyalitas Anggota, yang memberikan wawasan bagi BMT untuk meningkatkan strategi layanan dan produk mereka. Implikasi secara manajerial bmt perlu meningkatkan kualitas pelayanan dan menetapkan margin yang adil dan dapat diterima anggota, karena dapat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas anggota.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Baitul Maal wat Tamwil Ekonomi > Murabahah Ekonomi > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | 1880508230046 HAPPY NOVASILA MAHARANI |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 01:39 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 01:39 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
