RISKIYAH, 1880504230028 and IMAM FUADI, 196903311994031002 and LUK-LUK NUR MUFIDAH, 197903192003122002 (2025) إستراتيجية تعليم الإعراب على أساس الذكاء المنطقي الرياضي لترقية مهارة القراءة في برنامج التخصص الثاني بمركز العربية باري كديري. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (652kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (466kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Pembelajaran I’rob Berbasis Kecerdasan Logis Matematis untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di Program Takhassus Tsani Markaz Arabiyah Pare Kediri” ditulis oleh Riskiyah, NIM 1880504230028, Dosen Pembimbing Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag. dan Dr. Luk-Luk Nur Mufidah, M.Pd. Kata kunci: strategi pembelajaran I’rob, kecerdasan logis matematis, keterampilan membaca, Markaz Arabiyah Pembelajaran I’rab merupakan fondasi penting dalam penguasaan tata bahasa Arab dan keterampilan membaca kitab kuning. Program Takhassus Tsani di Markaz Arabiyah Pare Kediri mengembangkan strategi pembelajaran I’rab berbasis kecerdasan logis matematis sebagai bagian dari pendekatan kecerdasan majemuk yang menjadi ciri khas lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran I’rab yang meliputi aspek pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan pembelajaran guna meningkatkan Maharah Qira’ah santri secara sistematis dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran I’rab berbasis kecerdasan logis matematis dilaksanakan secara terstruktur melalui kurikulum bertahap, modul ajar “Diktat I’rab” berbasis rumus seperti S-H-I dan M-H-A-I, serta pengintegrasian program penunjang seperti sorogan, MQK, dan latihan analitis. Pendekatan deduktif-induktif, problem-based learning, dan collaborative learning digunakan untuk melatih kemampuan berpikir logis santri dalam memahami konsep gramatikal secara sistematis. Evaluasi pembelajaran dirancang berbasis kemampuan penalaran, klasifikasi, dan argumentasi, tidak sekadar hafalan. Strategi ini terbukti efektif meningkatkan kemampuan santri dalam menganalisis teks Arab dan membaca kitab kuning dengan pemahaman yang lebih mendalam. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi kecerdasan logis matematis dalam pembelajaran I’rob untuk meningkatkan maharah qira’ah santri.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | 1880504230028 RISKIYAH |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 07:00 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 07:00 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
