IDHOM MUJAROD ADI PASLACH, 126405212096 and FIRDA ZULFA FAHRIANI, 198809062020122009 (2025) PENGARUH LABELISASI HALAL, PROMOSI DAN PENDAMPINGAN PLUT KUMKM TULUNGAGUNG TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN UMKM TAHUN 2024 DI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (562kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (178kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi berjudul “Pengaruh Labelisasi Halal, Promosi dan Pendampingan PLUT KUMKM Tulungagung Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Tahun 2024 di Tulungagung” ditulis oleh Idhom Mujarod Adi P, NIM. 126405212096, Dosen Pembimbing Firda Zulfa Fahriani, M. Sy. Kata Kunci: Labelisasi Halal, Promosi, Pendampingan, Peningkatan Penjualan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, pelaku UMKM masih menghadapi berbagai kendala seperti legalitas produk, keterbatasan promosi, serta kurangnya pendampingan usaha. PLUT KUMKM Tulungagung hadir sebagai fasilitator dalam memberikan layanan konsultasi, pelatihan, dan pendampingan kepada UMKM. Dalam konteks ini, labelisasi halal, strategi promosi, dan pendampingan dianggap sebagai faktor penting dalam meningkatkan penjualan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Labelisasi Halal, Promosi, dan Pendampingan PLUT KUMKM Tulungagung terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Tulungagung, 2) Pengaruh Labelisasi Halal PLUT KUMKM Tulungagung terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Tulungagung, 3) Pengaruh Promosi, PLUT KUMKM Tulungagung terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Tulungagung, 4) Pengaruh Pendampingan PLUT KUMKM Tulungagung terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 40 responden UMKM yang pernah menggunakan layanan PLUT KUMKM Tulungagung. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) Labelisasi halal, Promosi, dan Pendampingan berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Tulungagung. 2) Labelisasi halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Penjualan UMKM di Tulungagung, 3) Promosi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM di Tulungagung. 4) Pendampingan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM di Tulungagung.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Konsumen Layanan Publik Ekonomi > Promosi Ekonomi > UMKM |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | 126405212096 IDHOM MUJAROD ADI PASLACH |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 08:22 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 08:22 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63936 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
