NOVIA AVIVATUN NADHIROH, 2811133202 (2017) PENGARUH AKHLAK MAHMUDAH SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMKN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (648kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nadhiroh, Novia Avivatun. 2811133202. 2017, Pengaruh Akhlak Mahmudah Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata kunci: Akhlak Mahmudah, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya akhlak mahmudah dalam kehidupan manusia. Sebab jatuh bangunnya, sukses tidaknya seseorang itu juga tergantung pada akhlaknya. Jadi, orang yang baik akhlaknya adalah orang yang tetap kecenderungannya kepada yang baik, sehingga akan menghantarkannya kepada pencapaian yang baik-baik. Sedangkan orang yang buruk akhlaknya adalah orang yang tetap kecenderungannya kepada yang buruk, sehingga perlu adanya perubahan akhlak pada dirinya jika menginginkan pencapaian kebaikan. Akhlak juga bagian terpenting dalam konteks pendidikan. Dikatakan penting karena termasuk salah satu tujuan diadakannya suatu pendidikan. Sebagaimana pendidikan yang diselenggarakan di tingkat SMK tepatnya di SMKN 1 Bandung Tulungagung yakni bertujuan membentuk manusia yang berakhlak mulia/ terpuji. Maka dari itu, untuk dapat mengetahui berhasil tidaknya suatu pendidikan, maka akhlak dapat dijadikan sebagai tolok ukurnya. Pendidikan bisa dikatakan berhasil apabila telah terjadi perubahan pada siswa, baik perubahan pada kognitifnya (berkaitan dengan kegiatan otak untuk berfikir), afektifnya (sikap) yang berkaitan dengan akhlak siswa ataupun pada psikomotoriknya (keterampilan yang dimiliki). Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini,1) Adakah pengaruh akhlak husnudzon siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMKN 1 Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? 2) Adakah pengaruh akhlak shidqu siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMKN 1 Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? 3) Adakah pengaruh akhlak iffah siswa terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMKN 1 Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, populasinya seluruh siswa kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung, sampelnya 88 orang, teknik samplingnya menggunakan simple random sampling, variabel penelitiannya adalah independent variabel dan dependent variabel, teknik dan instrumen pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara akhlak husnudzon siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara akhlak shidqu siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017. 3) Ada pengaruh yang signifikan antara akhlak iffah siswa dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811133202 NOVIA AVIVATUN NADHIROH |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 07:24 |
Last Modified: | 03 Nov 2017 07:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6396 |
Actions (login required)
View Item |