PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Pada MTsN 1 Tulungagung)

SITI ZUBAIDAH, 126207211041 and CHUSNUL CHOTIMAH, 197512112002122001 (2025) PERAN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI ERA DIGITAL (Studi Kasus Pada MTsN 1 Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (368kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Era Digital Studi Kasus pada MTsN 1 Tulungagung”. Ditulis oleh Siti Zubaidah , NIM. 126207211041, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Kata Kunci: Peran Hubungan Masyarakat, Citra Lembaga, Era Digital Era digital kecepatan dan kemudahan akses informasi menjadikan media digital sebagai platform utama dalam komunikasi publik. Hubungan Masyarakat (humas) memegang peranan penting dalam membangun dan meningkatkan citra lembaga melalui berbagai strategi komunikasi yang adaptif dan inovatif, seperti pemanfaatan media sosial, website resmi, serta aplikasi digital lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Humas dalam meningkatkan citra lembaga dengan memanfaatkan media digital sebagai sarana komunikasi efektif yang mampu menjangkau audiens lebih luas dan beragam. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran humas MTsN 1 Tulungagung dalam mengelola komunikasi internal? (2)Bagaimana peran humas MTsN 1 Tulungagung dalam mengelola komunikasi eksternal? (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan humas MTsN 1 Tulungagung dalam mengelola citra lembaga di era digital Metode penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan temuan dengan kreadibilitas, triagulasi, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran humas MTsN 1 Tulungagung dalam Mengelola Komunikasi Internal adalah berperan sebagai: (a) partisipatif menjalin hubungan baik dengan warga sekolah, (b) komunikator yang menjembatani hubungan dua arah antara pimpinan dengan siswa, guru, karyawan, dan wali murid, (c) fasilitator dan mediator humas membantu memfasilitasi komunikasi yang efektif, serta membantu konflik atau masalah yang mungkin timbul. 2) Peran humas MTsN 1 Tulungagung dalam Mengelola Komunikasi Eksternal adalah berperan sebagai: (a) komunikator yang menjalin hubungan baik dengan orang tua, alumni, lembaga/instansi luar, (b) pembangun jejaring (networker) yang aktif menjalin kerja sama dengan berbagai pihak eksternal guna mendukung pencapaian tujuan madrasah dan meningkatkan citra lembaga, (c) fasilitator komunikasi memastikan komunikasi yang lancar antara suatu organisasi dan publiknya, (d) good image maker humas bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara citra positif organisasi di mata publik, (e) relationship dengan sekolah pihak luar. 3) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan humas MTsN 1 Tulungagung dalam mengelola citra lembaga di era digital adalah: (a) dukungan teknologi digital, (b) sarana prasarana yang memanfaatkan teknologi digital tersebut sebagai pencitra lembaga dengan memanfaatkan teknologi digital secara optimal untuk membangun kepercayaan publik, (c) pendukung operasional yang turut menyukseskan kegiatan kelembagaan melalui digitalisasi pembelajaran, dan publikasi informasi dengan mendokumentasikan dan menyebarluaskan berbagai kegiatan dan prestasi madrasah secara terbuka agar publik memperoleh gambaran nyata mengenai kualitas pendidikan, sehingga dapat meningkatkan citra positif madrasah di mata masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207211041 SITI ZUBAIDAH
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:46
Last Modified: 11 Nov 2025 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63964

Actions (login required)

View Item View Item