AHMAD IRZAQUZ ZAMZAMI, 126211211003 and GAGUK RESBIANTORO, 1988042420171235 (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID EPIPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS VII MTSN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Aplikasi Android EPIPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Tata Surya di Kelas VII MTsN 1 Kota Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Irzaquz Zamzami, NIM. 126211211003, dengan pembimbing Bapak Gaguk Resbiantoro, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: EPIPA, pengembangan media pembelajaran, android, hasil belajar,kata surya, model 4D. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi android bernama EPIPA (E-Modul Pembelajaran IPA) dan menguji kevalidan serta efektivitasnya dalam pembelajaran IPA materi posisi relatif bumi, bulan, dan matahari di kelas VII MTsN 1 Kota Blitar. Materi tersebut bersifat abstrak dan sulit diamati secara langsung, sehingga dibutuhkan media yang mampu memvisualisasikan konsep secara interaktif dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Limited Disseminate). Validitas produk diperoleh dari penilaian dua ahli materi dan dua ahli media dengan skor rata-rata sebesar 92%, yang tergolong sangat valid. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik berupa soal pilihan ganda yang telah melalui dua tahap uji validitas, yaitu validitas isi melalui validasi ahli, dan validitas konstruk melalui uji butir soal. Uji efektivitas dilakukan pada tahap uji lapangan dengan desain kuasi eksperimen tipe pretest-posttest non-equivalent control group. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII, dengan sampel kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan VII-A sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan perhitungan N-Gain dan uji statistik nonparametrik Mann–Whitney U. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen adalah 0,81 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,48 (kategori sedang). Hasil uji Mann–Whitney U menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kedua kelas. Sementara itu, hasil angket respon peserta didik terhadap media EPIPA menunjukkan persentase rata-rata sebesar 88%, yang tergolong sangat positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran EPIPA valid secara isi dan konstruk, serta efektif digunakan dalam pembelajaran IPA untuk membantu peserta didik memahami konsep posisi relatif bumi, bulan, dan matahari secara lebih baik.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Fisika > Astrofisika Fisika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
| Depositing User: | 126211211003 AHMAD IRZAQUZ ZAMZAMI |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 04:06 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 04:06 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
