MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

RUSDA QOIRI ROFIAH, 126207212109 and MOHAMMAD JA'FAR AS-SHODIQ, 199007142023211024 (2025) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Santri di Pondok Pesantren Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung’’. Ditulis oleh Rusda Qoiri Rofiah, NIM 126207212109, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Mohammad Ja’far As-shodiq. S.Kom., M.Pd. I. Kata Kunci : Manajemen, Sarana, Prasarana, Kualitas Belajar Sebagai Lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren berkomitmen untuk terus meningkatkan dan beradaptasi dengan kebutuhan dunia modern. Salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan proses pembelajaran santri adalah ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai. Penting untuk memahami bagaimana manajemen pengelolaan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan di pondok pesantren. Sarana dan prasarana yang baik dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, nyaman, dan aman, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap semangat belajar dan hasil belajar santri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pengelolaan yang baik dalam aspek ini berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas belajar santri. Pondok Pesantren Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung yang merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Tulungagung. Pondok Pesantren Al-Istighotsah memiliki staff pengajar ustadz/ustadzah serta guru yang kompeten pada bidang pelajarannya masing-masing sehingga berkualitas dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Kabupaten Tulungagung. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu: (1) perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas belajar santri di Pondok Pesantren Al-Istighotsah Tulungagung ? (2) pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas belajar santri di pondok pesantren Al-Istighotsah Tulungagung dan (3) evaluasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas belajar santri di pondok pesantren Al-Istighotsah Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis manajemen sarana dan prasarana di pondok pesantren untuk meningkatkan kualitas belajar santri. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh fenomena lembaga pendidikan terhadap sarana dan prasarana yang memfasilitasi santri dalam meningkatkan kualitas belajar di pondok. Yang mana pengasuh pondok memanajemen sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas belajar dan menumbuhkan semangat dalam belajar. Jenis atau pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara keikutsertaan dan Triangulasi sebab penelitian data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Teknik analisis data antara lain data collection ( pengumpulan data), Proses kondensasi data, display data (penyajian data)Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan antara lain menyusun daftar kebutuhan, estimasi biaya penetapan skala prioritas, melakukan kegiatan rapat untuk menentukan kebutuhan pondok pesantren bersama pengasuh dan ustadzah. (2) Kedua pelaksanan antara lain pembelian barang. Sarana dan prasarana pendidikan dalam proses pembelajaran dilakukan bersama-sama dengan semua pihak pengurus pondok mengacu pada kebutuhan yang sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. (3) evaluasi antara lain Pemeliharaan berkelanjutan, pemeliharaan berkala, pemeliharaan darurat, pemeliharaan preventif dan penghapusan sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Pendidikan Islam
Manajemen > Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207212109 RUSDA QOIRI ROFIAH
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:13
Last Modified: 18 Nov 2025 02:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64099

Actions (login required)

View Item View Item