PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

FIRLY ISNA EVANDA, 126201212109 and M. JA'FAR AS-SHODIQ, 199007192023211024 (2025) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Active Learning pada Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Firly Isna Evanda, NIM. 126201212109, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr. M. Ja’far As-Shodiq, S.Kom, M.Pd.I. Kata Kunci: Active Learning, Aqidah Akhlak, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak yang ditandai dengan rendahnya partisipasi aktif, kurangnya antusiasme, serta sikap pasif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, strategi Active Learning dipandang sebagai pendekatan yang mampu mendorong keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran, sekaligus meningkatkan motivasi belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi Active Learning dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta mengetahui dampaknya terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Fokus penelitian ini meliputi tiga hal utama, yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan Active Learning pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung; (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Active Learning pada pembelajaran Aqidah Akhlak; serta (3) bagaimana dampak penerapan Active Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data primer diperoleh dari guru dan siswa, sementara data sekunder berasal dari dokumen pembelajaran dan literatur pendukung. Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta validitas data dijaga melalui triangulasi, member checking, dan audit trail. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi Active Learning dilakukan melalui berbagai metode seperti diskusi kelompok, simulasi, permainan edukatif, dan tanya jawab yang mendorong siswa lebih aktif dan termotivasi dalam belajar. Faktor pendukung meliputi kesiapan guru, media pembelajaran, serta antusiasme siswa. Sedangkan hambatannya berupa keterbatasan waktu, fasilitas, dan perbedaan karakter siswa. Secara keseluruhan, strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yang tercermin dari keaktifan, rasa percaya diri, minat, dan semangat siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan agar strategi Active Learning terus dikembangkan dan disesuaikan dengan karakteristik siswa guna mencapai hasil belajar yang lebih optimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212109 FIRLY ISNA EVANDA
Date Deposited: 15 Dec 2025 08:11
Last Modified: 15 Dec 2025 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64140

Actions (login required)

View Item View Item