ELOK NUR CHASANAH, 2814133216 (2017) PENGARUH PENGUASAAN MATERI OPERASI ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Chasanah, Elok Nur. 2017. Pengaruh Penguasaan Materi Operasi Aljabar terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Persamaan Kuadrat Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Penguasaan Matematika merupakan pelajaran yang materi di dalamnya saling berkaitan satu sama lain. Oleh karena itu, sangatlah penting bahwa untuk melangkah ke materi selanjutnya seorang siswa harus memahami dan menguasai terlebih dahulu materi yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari. Berdasarkan pada pengamatan peneliti ketika melaksanakan praktek di MTsN 2 Kota Blitar, sebagian siswa mengaku belum menguasai dengan baik materi operasi aljabar. Hal tersebut tentunya berdampak pada kemampuan siswa dalam materi-materi yang ada kaitannya dengan operasi aljabar. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh penguasaan materi operasi aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat, dan (2) seberapa besar pengaruh penguasaan materi operasi aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian causalitas comparative atau hubungan sebab akibat dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar yang berjumlah 343 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 34 siswa yang dipilih secara acak menggunakan teknik random sampling dengan tabel random. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai signifikansi sebesar0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05 dan nilairhitung= 0,551 > rtabel = 0,338, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan materi operasi aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat, (2) Koefisien determinasi (R2) 0,303 menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat 30,3% dipengaruhi oleh penguasaan materi operasi aljabar.Maka dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh penguasaan materi operasi aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar tahun pelajaran 2016/2017, (2) besar pengaruh penguasaan materi operasi aljabar terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal persamaan kuadrat adalah 30,3% dan 69,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133216 ELOK NUR CHASANAH |
Date Deposited: | 07 Nov 2017 03:53 |
Last Modified: | 07 Nov 2017 03:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6415 |
Actions (login required)
View Item |