PRAKTIK JUAL BELI SUBSCRIBE YOUTUBE MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2024 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DAN AKAD SALAM

MAHRUS GHOZALI, 126101211098 and DIAN FERICHA, 198412292018012001 (2025) PRAKTIK JUAL BELI SUBSCRIBE YOUTUBE MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2024 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DAN AKAD SALAM. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (864kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (441kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “PRAKTIK JUAL BELI SUBSCRIBE YOUTUBE MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2024 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK DAN AKAD SALAM” ini ditulis oleh Mahrus Ghozali, NIM 126101211098, dengan pembimbing Dr. Dian Ferricha, S.H., M.H. Kata Kunci: Jual Beli Subscribe, UU ITE, Akad Salam, Transaksi Elektronik Penelitian ini membahas praktik jual beli layanan subscribe, terutama di platform digital, ditinjau dari sudut pandang hukum positif Indonesia melalui Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta perspektif hukum Islam melalui konsep akad salam. Layanan subscribe yang diperjualbelikan, baik berupa peningkatan jumlah pelanggan pada media sosial maupun akses ke konten digital tertentu, menimbulkan berbagai persoalan hukum terkait keabsahan transaksi, transparansi informasi, dan potensi penipuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah praktik jual beli subscribe sesuai dengan ketentuan UU ITE tentang transaksi elektronik dan bagaimana praktik tersebut dapat dianalisis dalam kerangka akad salam, yaitu jual beli barang yang diserahkan di kemudian hari dengan pembayaran di muka. Penelitian ini menggunakan metode normatif-empiris. Secara normatif, penelitian ini menganalisis ketentuan dalam UU ITE terkait dengan transaksi elektronik, penipuan digital, dan perlindungan konsumen, serta ketentuan fikih muamalah tentang akad salam, yaitu akad jual beli dengan pembayaran di muka untuk barang yang diserahkan di kemudian hari. Sementara secara empiris, penelitian ini mengumpulkan data melalui metode dokumentasi dengan analisis isi (content analysis) dan analisis deskriptif,untuk melihat praktik riil dan persepsi para pihak terkait keabsahan dan manfaat transaksi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli subscribe rentang melanggar prinsip-prinsip dalam UU ITE terutama terkait informasi yang menyesatkan dan perjanjian/kontrak elektronik dalam pelaksanannya. Dalam perspektif akad salam, transaksi ini tidak sepenuhnya memenuhi syarat sah karena objek yang diperjualbelikan tidak memiliki kejelasan manfaat dan kepemilikan yang sah. Oleh karena itu, perlu regulasi yang lebih ketat dan edukasi hukum kepada pelaku usaha digital agar praktik jual beli tersebut sesuai dengan prinsip hukum yang berlaku dan nilai-nilai syariah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101211098 MAHRUS GHOZALI
Date Deposited: 19 Nov 2025 01:47
Last Modified: 19 Nov 2025 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64155

Actions (login required)

View Item View Item