SALSABIL KYOKA, 126205212124 and ABD. AZIZ, 197206012000031002 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MI SALAFIYAH SYAFI’IYAH KLINTEREJO MOJOKERTO. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER.pdf Download (802kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV MI Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Mojokerto” ditulis oleh Salsabil Kyoka NIM 126205212124, pembimbing Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Game Based Learning, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Kolaborasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor, termasuk penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan lebih berpusat pada guru, minimnya penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta menurunnya keterampilan komunikasi dan kolaborasi peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran game based learning dalam mata pelajaran IPAS, dengan demikian dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan interaktif, yang diharapkan mampu meningkatkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap keterampilan komunikasi pada mata pelajaran ipas Kelas IV MI Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Mojokerto. (2) Adakah pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran ipas Kelas IV MI Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Mojokerto. (3) Adakah pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap keterampilan komunikasi dan Kolaborasi pada mata pelajaran ipas Kelas IV MI Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel terdiri dari siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas control, yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalan nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan mencakup uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Uji-t menunjukkan nilai signifikansi <0,05 pada kedua variable yang mengindikasikan bahwa model GBL memberikan pengaruh yang signifikan dibandingkan dengan model konvensional. Selain itu hasil dari uji Manova menunjukkan nilai Wilks’ Lambda sebesar 0,317 dengan signifikansi <0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model GBL memberikan pengaruh yang siginifikasn terhadap keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa secara simultan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
| Depositing User: | 126205212124 SALSABIL KYOKA |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 01:59 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 01:59 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64159 |
Available Versions of this Item
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA
MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MI SALAFIYAH
SYAFI’IYAH KLINTEREJO MOJOKERTO. (deposited UNSPECIFIED)
- PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MI SALAFIYAH SYAFI’IYAH KLINTEREJO MOJOKERTO. (deposited 19 Nov 2025 01:59) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |
