HILAL AFIFI, 126201211029 and MUHAMMAD DWI TORIYONO, 199209202023211024 (2025) UPAYA GURU PAI DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN PERILAKU SISWA DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (556kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (245kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (155kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Siswa di Mts Darussalam Kademngan” ditulis oleh Hilal Afifi, NIM. 126201211029, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Muhammad Dwi Toriyono, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Penyimpangan Perilaku Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah yang sering terjadi dalam dunia Pendidikan yang disebabkan olehh faktor keluarga, pergaulan, dan media massa yang semakin canggih yaitu merebaknya penyimpangan perilaku yang dilakukan siswa seperti membolos, berkata kasar, tidak mengerjakan tugas, perundungan, perkelahian, pacaran, dan tidak mentaati segala peraturan yang ada di sekolah. Maka dari itu perlu adanya peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi segala bentuk penyimpanga perilaku yang dilakukan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan tindakan preventif guru PAI dalam mengatasi penyimpangan perilaku siswa di Mts Darussalam Kademangan (2) Untuk memaparkan tindakan represif guru PAI dalam mengatasi penyimpangan perilaku siswa di Mts Darussalam Kademangan (3) Untuk memaparkan tindakan kuratif guru PAI dalam mengatasi penyimpangan perilaku siswa di Mts Darussalam Kademangan. . Metode dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Lokasi yang diteliti adalah Mts Darussalam Kademangan. Pengambilan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tindakan preventif guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi penyimpangan perilaku siswa melalui penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, melakukan pembiasaan karakter religius, memberikan keteladanan yang baik, dan menjalin komunikasi dengan orang tua siswa sebagai bentuk pelaporan perkembangan dan tingkah laku siswa. (2) Tindakan represif guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi penyimpangan perilaku siswa melalui pemberian teguran dan nasihat, pemberian punishment mendidik ataupun punishment fisik ringan, dan pemanggilan orang tua ke Madrasah. (3) Tindakan kuratif guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi penyimpangan perilaku siswa melalui pendekatan personal dalam rangka membimbing siswa, melakuakna kerja sama denga pihak lain seperti guru lain dalam rangka peningkatan pengawasan dan mengadakan sosialisasi mengenai kenakalan remaja, dan tindakan terakhir adalah pengembalian kepada orang tua jika memang siswa sudah tidak bisa dikendalikan lagi.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Kenakalan Remaja Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 126201211029 HILAL AFIFI |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 03:06 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:06 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64167 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
