Pelaksanaan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ibtidaiyah Muassasah Ma’had Assaqofah Al-Islamiah Patani (Selatan Thailand)

Nurayatee Che, 2811133304 (2017) Pelaksanaan Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Ibtidaiyah Muassasah Ma’had Assaqofah Al-Islamiah Patani (Selatan Thailand). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abtrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Konteks penelitian dari skripsi ini adalah Setiap sekolah pendidikan agama Islam di Patani Selatan Thailand menggunakan berbagai metode pembelajaran yang berbeda dengan sekolah-sekolah yang lain, untuk itu setiap sekolah harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran yang ditetapkan oleh guru, sehingga dapat bermanfaat jika dipergunakan untuk mencapai tujuan Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam yang diajarkan pada anak harus sesuai dengan kemampuan peserta didik yang ada pada mereka. Metode yang baik akan membawa peserta didik pada pemahaman materi yang diberikan, sehingga seorang guru yang menggunakan metode bervariasi akan membuat peserta didik tidak akan jenuh dalam menerima pelajaran. Tanpa metode, suatu materi pelajaran tidak akan dapat berproses secara efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Metode pendidikan yang tidak tepat guna akan menjadi penghalang kelancaran jalannya proses belajar mengajar sehingga banyak tenaga dan waktu yang terbuang sia-sia. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi tiga hal yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan metode ceramah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ibtidaiyah Muasasah Ma’had Assaqofah Al-Islamiah patani (selatan Thailand)?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode tanya jawab pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ibtidaiyah Muasasah Ma’had Assaqofah Al-Islamiah patani (selatan Thailand)?, 3) Bagaimana pelaksanaan metode Resitasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ibtidaiyah Muasasah Ma’had Assaqofah Al-Islamiah patani (selatan Thailand)? Penelitian skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan metode ceramah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ibtidaiyah Muasasah Assaqofah Al-Islamiah patani (selatan Thailand), 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode tanya jawab pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ibtidaiyah Muasasah Assaqofah Al-Islamiah patani (selatan Thailand), 3) Untuk mengetahui pelaksanaan metode resitasi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ibtidaiyah Muasasah Assaqofah Al-Islamiah patani (selatan Thailand). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang Muassasah Ma’had Assaqofah Al-Islamiah. Pendidikan yang diajarkan pada anak harus disesuaikan dengan kemampuan peserta anak didik. Dalam hal ini tugas pendidik sangat diutamakan, sehingga pendidikan yang terorganisir dengan baik dapat disampaikan pada generasi berikutnya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara bebas terpimpin, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan arti terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari arti itulah dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil pengamatan langsung dengan data hasil wawancara dan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil analisis penelitian kualitatif menyimpulkan bahwa proses pelaksanaan metode pembelajaran telah berjalan dengan baik, terbukti dalam proses belajar mengajar menggunakan metode yang tepat, dalam artian kegiatan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh dalam meningkatkan proses belajar dan mengajar disini sangat diutamakan, adapun dalam keberhasilan dalam menggunakan metode pembelajaran tersebut adalah adanya kerja sama yang baik antara para guru dan peserta didik di Muassasah Ma’had Assaqofah Al-Islamiah patani (selatan Thailand).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anas 2811133308 Nuruddeen Syekh Ali
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:53
Last Modified: 08 Nov 2017 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item