AMALIYAH UMAMI, 126201201024 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI SD ISLAM AL-FATTAH PETERONGAN JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (899kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Amaliyah Umami.Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam MembentukAkhlakulKarimahPeserta Didikdi SDIslam Al-Fattah Peterongan Jombang. Skrpsi.Tulungagung : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan IlmuKeguruan Uin Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.2024 Kata Kunci :Peran Guru PAI, MembentukAkhlakul KarimahPeserta Didik Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya lembaga pendidikan terutama SDIslam yang memfokuskan pembentukan padaakhlakul karimahpeserta didik.Dalam proses tersebut, dibutuhkan adanya peran guru terutama guru Pendidikan Agama Islam yang memang fokusnya terhadap pembentukanAkhlakul Karimah peserta didiksebagai salahsatusyaratakantransferilmupengetahuan.Olehkarena ituperanguruPendidikan Agama Islamsangat diperlukan dalam meningkatkan Akhlakul Karimahpeserta didik. Namun padakenyataannya peran guru Pendidikan Agama Islam baik sebagai pengajar, pendidik maupun pembimbing belum sepenuhnya dapat diimplementasikan secara optimal sehingga harus diadakan penelitian lebih lanjut untuk kemajuan SDIslam Al-Fattah Peterongan Jombang itu sendiri. Adapun fokus penelitian yaitu : (1). Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pengajar dalam membentukAkhlakul KarimahPeserta didikdi SD Islam Al-Fattah Peyerongan Jombang?. (2). Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik dalam membentukAkhlakul KarimahPeserta didikdi SD Islam Al-Fattah Peteronagn Jombang?. (3). Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pembimbing dalam membentukAkhlakul KarimahPeserta didikdi SD Islam Al-Fattah Peterongan Jombang?. Adapun tujuan penelitian (1). Untuk Mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pengajar dalam memebentukAkhlakul KarimahPeserta didikdi SD Islam Al-Fattah Peterongan Jombang. (2). Untuk Mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik dalam memebentukAkhlakul KarimahPeserta didikdi SD Islam Al-Fattah Peterongan Jombang. (3). Untuk Mendeskripsikan Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pembimbing dalam memebentukAkhlakul Karimah Peserta didikdiSD Islam Al-Fattah Peterongan Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang meneliti tentang bagaimana peran guru PAI sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing dalam membentukAkhlakul Karimahpeserta didikdi SD Islam Al Fattah Peterongan Jombang. Dalam penelitian ini,peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Peneliti ini menggunakan analisis data reduksi data, penyajian data dan verifikasi (menarikkesimpulan). Metode ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam membentukAkhlakul Karimahpeserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukanGuru Pendidikan Agama Islam dalam membentukAkhlakul Karimahpeserta didikdiSD Islam Al-Fattah,di antaranya:(1)Peran guru PAI sebagai pengajar,Guru menerapkan metode belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karaketeristikpeserta didikadalah menggunakan Metode Ceramah.Sistem belajar dimulai dengan penjelasan materi terlebih dahulu dari guru,kemudian sesi tanya jawab denganpeserta didik, dan dilanjut dengan pemberian tugas.(2).Peran guru sebagai pendidik,memiliki tugas tertentu yang mana tugas tersebut akan membentuk pola tingkah laku, hal ini lah yang menjadi ciri khasdari seorang pendidikdan tentunya senantiasa bersikap peduli terhadappeserta didik, selalu memotivasidan mengapresiasisetiap tumbuh kembangnya.(3).Peran guru PAI sebagai pembimbing,menjadi teladan untukpeserta didiknya, sehingga mereka tidak hanya mempelajari teorinyasaja, namun prakteknya juga. Evaluasi pembentukanAkhlakul Karimahyakni tertulis dan penilaian praktik yang diharapkanpeserta didikbisamemahami teori,sekaligus bisa mempraktekkannya.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126201201024 AMALIYAH UMAMI |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 06:46 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 06:46 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
