تأثير استيعاب المفردات على مهارة الكلام باللغة العربية لدى طلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٦ كاديري للعام الدراسي ٢٠٢٥/٢٠٢٤

FARID MA'RUF, 126202211008 and RIKHLATUL ILMIAH, 197906022005012003 (2025) تأثير استيعاب المفردات على مهارة الكلام باللغة العربية لدى طلاب الصف السابع في المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٦ كاديري للعام الدراسي ٢٠٢٥/٢٠٢٤. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas 7 di MTsN 6 Kediri Tahun Ajaran 2024/2025" ditulis oleh Farid Ma’ruf, NIM 126202211008, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bawah bimbingan Dr. Rihlatul Ilmiah, M.Pd.I. Kata Kunci: Penguasaan Kosakata, Keterampilan Berbicara, Bahasa Arab Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran penting di MTsN 6 Kediri yang ditujukan untuk membekali siswa dalam memahami sumber ajaran Islam serta mampu berkomunikasi secara aktif. Salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa Arab adalah keterampilan berbicara (maharah al-kalam), yang menuntut siswa mampu mengungkapkan ide secara lisan dengan baik. Namun, dalam praktiknya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbicara bahasa Arab, salah satunya disebabkan oleh keterbatasan kosakata yang dimiliki. Kosakata sebagai elemen dasar dalam konstruksi kalimat memegang peranan penting dalam keterampilan ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk menelusuri sejauh mana penguasaan kosakata memengaruhi keterampilan berbicara siswa. Rumusan masalah: 1) Apakah terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 7 MTsN 6 Kediri Tahun Ajaran 2024/2025? dan 2) Seberapa besar pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara siswa kelas 7 MTsN 6 Kediri Tahun Ajaran 2024/2025? Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penguasaan kosakata dan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 7 di MTsN 6 Kediri, serta mengukur seberapa besar kontribusi penguasaan kosakata terhadap keterampilan tersebut. Temuan ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pentingnya penguatan penguasaan mufrodat dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian: penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7, dengan sampel sebanyak 30 siswa dari kelas VII-A yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen divalidasi menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana melalui bantuan program SPSS versi 30. Sebelum uji hipotesis dilakukan, peneliti terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan homogenitas untuk memastikan data memenuhi syarat analisis parametrik. Hasil penelitian: menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa, namun tidak signifikan secara statistik, dengan nilai signifikansi sebesar 0,251 (> 0,05) dan nilai R Square sebesar 0,042. Artinya, penguasaan kosakata hanya memberikan kontribusi sebesar 4,2% terhadap keterampilan berbicara siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi belajar, lingkungan berbahasa, keberanian berbicara, dan metode pembelajaran. Meski secara statistik pengaruhnya rendah, tetapi secara praktis ditemukan adanya kecenderungan bahwa siswa dengan kosakata lebih tinggi menunjukkan kemampuan berbicara yang lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202211008 FARID MA'RUF
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:11
Last Modified: 25 Nov 2025 08:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64275

Actions (login required)

View Item View Item